Selasa, 10 Desember 2019 | 04:01:53 WIB

Hut Ke - 74 TNI Tahun 2019, Panglima TNI Pimpin Penanaman Mangrove Serentak Di Seluruh Indonesia

Senin, 7 Oktober 2019 | 13:36 WIB
Hut Ke - 74 TNI Tahun 2019, Panglima TNI Pimpin Penanaman Mangrove Serentak Di Seluruh Indonesia

(FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka pelaksanaan Kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Rakyat dan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Ke-74 TNI tahun 2019, dilaksanakan kegiatan penanaman Pohon Mangrove secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (7/10).

Acara kepedulian sosial dan menjaga lingkungan maritim ini, dipusatkan di wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara (Jakut), serta dilaksanakan secara serentak  di 74 satuan TNI AL dari Sabang sampai Merauke.

Tujuan dilaksanakannya penanaman Pohon Mangrove serentak tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali Hutan Mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Tema kegiatan yang diangkat yaitu “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”. Dalam mencetak Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), TNI AL (Angkatan Laut) dalam hal ini Staf Pembinaan Potensi Maritim (Spotmar), menjadi pelaksana acara tersebut, dimana sebanyak 300.074 bibit Mangrove ditanam dalam waktu bersamaan di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilatar belakangi oleh pemahaman bahwa hadirnya hutan mangrove sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil, karena dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, hutan mangrove juga dapat melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi.

Acara ini akan dihadiri oleh unsur-unsur Pimpinan TNI, yaitu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., beserta Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman beserta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., beserta Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., beserta Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna.

Pada acara penanaman mangrove serentak, akan dilaksanakan video conference dari 74 lokasi. Ke-74 lokasi tersebut merupakan Satuan TNI AL dibawah kendali Komando Armada (Koarmada I, II dan III), mulai dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal I sampai dengan XIV), sampai dengan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal).

Selain Komando Armada, kegiatan ini juga dilaksanakan oleh Satuan Korps Marinir TNI AL mulai dari Pasukan Marinir (Pasmar), Komando Latihan Marinir (Kolatmar), Brigade Infanteri Marinir, hingga Pangkalan Marinir, serta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan jajaran Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), serta diikuti seluruh komponen masyarakat maritim beserta TNI dan Kepolisian Republik Indonesia serta Pemerintah Daerah (Pemda).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengatakan, ada satu filosofi dari Mangrove yang diberikan kepada kita semua kalau kita melihat Mangrove ini seperti keluarga, yaitu tangannya banyak dan kakinya juga banyak. Apabila Mangrove ditanam, antara bapak, ibu dan anak Mangrove saling berkaitan, menjaga supaya agar tidak hancur.

Menurutnya, Filosofi yang bisa diambil dari Mangrove ini adalah, apabila kita bersatu sebagai Mangrove, maka negara kita akan kuat dan Mangrove ini menjadi simbol pemersatu antara kita semuanya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala staf Angkatan Laut (Kasal) dan seluruh jajaran yang telah peduli terhadap lingkungan maritim. dalam hal ini menunjukkan bahwa pembinaan potensi maritim dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut semakin cepat dan bagus,” ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (ARMAN R)

Berita Terkait