Sabtu, 07 Desember 2019 | 20:50:38 WIB

Keraton Nusantara Diminta Tetap Menjaga Muruah

Kamis, 17 Oktober 2019 | 08:17 WIB
Keraton Nusantara Diminta Tetap Menjaga Muruah

Presiden Joko Widodo membuka acara Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ke-V. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), PRA Arief Natadiningrat, mengajak semua pimpinan keraton senusantara menjaga hubungan. Persatuan dan kesatuan ini bisa mewujudkan Indonesia menjadi negara yang lebih damai.
 
"Kita harus menjaga muruah keraton senusantara agar dapat melestarikan budaya kita yang adiluhung demi kepentingan dan kesejahteraan bangsa," kata Arief Natadiningrat, dalam keterangannya, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan Cirebon itu pun menceritakan perjalanan sejarahnya, upaya FSKN menjaga hubungan keraton tidak mudah. Ada pihak yang ingin membubarkan lembaga ini. Namun, hal itu bisa dimentahkan berkat dukungan para pemangku kerajaan se-Indonesia.

"Mungkin bagi sebagian orang membubarkan FSKN adalah wujud demokrasi. Namun itu jelas melanggar AD/ART FSKN. Selain itu pihak yang ingin membubarkan FSKN ini juga melanggar muruah serta budaya adiluhung keraton," jelas Arief.
 
Keraton Nusantara Diminta Tetap Menjaga Muruah
Presiden Jokowi dan Pimpinan FSKN. Foto: Istimewa.
 
Arief kembali menjelaskan FSKN dibentuk sejak 2017. Selama dua tahun ini sudah banyak yang dikerjakan pihaknya, seperti pagelaran budaya keraton, mengadakan diskusi-diskusi budaya tingkat nasional serta membuat AD/ART FSKN. November 2019, lembaga ini akan menyelenggarakan kongres ketiganya di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

MEDCOM

Berita Terkait