Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:07:56 WIB

Muhammadiyah Tak Masalah Menteri Agama Pensiunan TNI

Kamis, 24 Oktober 2019 | 16:57 WIB
Muhammadiyah Tak Masalah Menteri Agama Pensiunan TNI

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

KUDUS, LINDO - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, tak mempermasalahkan pengangkatan pensiunan TNI sebagai Menteri Agama. Menurut dia, kesempatan dan kepercayaan harus diberikan kepada menteri-menteri yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo.
 
"Kita percaya (menteri agama) akan menjalankan tugasnya dengan baik dalam fungsinya. Soal latar belakang, itu kan bisa bermacam-macam,” ujarnya, di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Terpenting, kata Haedar, menteri yang diangkat memiliki pemahaman keagamaan mumpuni. Tak hanya itu, sosok menteri apa pun bidangnya harus mampu memberikan kemajuan di lembaga yang dipercayakan.

“Dulu di zaman orde baru juga pernah ada Menteri Agama Alamsjah Rator Perwiranegara yang militer. Jadi menteri agama, militer, kemudian nonmiliter yang penting punya pemahaman keagamaan yang baik,” kata dia.
 
Haedar mengajak masyarakat untuk memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada para menteri muda.
 
“Insyaallah kalau sungguh-sungguh, lalu bekerja sama baik internal maupun dengan kekuatan-kekuatan masyarakat seperti Muhammadiyah, tentu akan berhasil menjalankan tugas,” lanjut dia.
 
“Nanti kalau ada kekurangan, kelemahan, harus kita koreksi. Para menteri pun, harus terbuka pada koreksi. Urusan negara itu bukan hanya teknis tapi menyangkut hal-hal yang besar, hajat hidup masyarakat,” pungkasnya.

MEDCOM

Berita Terkait