Jumat, 06 Desember 2019 | 15:58:45 WIB

Wakasal Tutup Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke -57 TA 2019

Kamis, 14 November 2019 | 19:18 WIB
Wakasal Tutup Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke -57 TA 2019

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksda TN! Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasai) bertindak selaku lnspektur Upacara (Irup) pada Penutupan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan Ke-5 7 TP 2019, di Auditorium Jos Soedarso, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

Pada kesempatan ini, Wakasal menyerahkan ljazah kepada para wisudawan Dikreg Seskoal, sedangkan Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Dien Mintoro Yulianto memberikan sertifikat pembekalan kepada para lstri wisudawan.

Sebelum penutupan dilaksanakan Sidang Senat Terbuka Wlsuda Pascasarjana Magister Terapan Program Strategi Operasi Laut ke-5 yang dipimpin Komandan Kodiklatai Laksda TNI Dedy Yulianto, S.H selaku Direktur Politeknik AL dan Pimpinan Senat Akademik Seskoal Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., selaku Direktur Magister Terapan Angkatan Laut.

Pendidikan Reguler Seskoal berlangsung selama Iebih kurang 11 bulan atau 44 minggu, yang diikuti 150 Perwira Menengah pilihan dari seluruh Indonesia dan negara sahabat, terdiri dari 138 Perwira Menengah TNI AL, 2 Perwira Menengah masingmasing dari TNI AD dan TNI AU serta 8 Perwira Menengah negara sahabat (Singapura, Jepang, India, Republik Korea, Malaysia, Pakistan, Australia, Thailand). Para Pasis akan mendapat gelar kelulusan Magister Terapan Operasi Laut (M.Tr.0psla).

Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan penganugerahan dan penyerahan piagam penghargaan yakni Piagam Dharma Wiratama Paripurna dengan akumulasi nilai akhir pendidikan tertinggi dalam proses belajar mengajar diberikan kepada Mayor Laut (P) Abdiyan Saiful Hidayat, S.E., M.Tr.Opsla., Piagam Dharma Wiratama Widya Wacana yang memiliki Tesis Terbaik diberikan kepada Mayor Laut (P) Novyan, S.H., M.Tr.Opsla., dan Piagam Dharma Wiratama Sumengkar diberikan kepada Major Leong Mingjie, M.Tr.Opsla., sebagai lulusan terbaik dari negara sahabat Singapura.

Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, M.M.,yang merupakan Guru Besar UNHAN berkesempatan memberikan Orasi Ilmiah mengenai “Sea Power Indonesia Di Era Geomaritim lndo Pasifik”. Dalam Orasi tersebut, dijelaskan Sea Power Indonesia yang mencakup semua potensi kekuatan maritim : armada kapal perang, armada niaga, industri perikanan, industri maritim, jasa maritim, infrastruktur maritim, masyarakat maritim, pariwisata maritim, budaya maritim, dan penegakan hukum di laut, merupakan manajemen penggunaan dan pengendalian laut untuk kemakmuran bangsa.

Setelah menyelesaikan Pendidikan Reguler di Seskoal ini, diharapkan para perwira Alumni Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019 memiliki tingkat kemampuan profesi yang tinggi, antisipatif, adaptif, kreatif, inovatif, dan proaktif dalam mengatasi berbagai persoalan. serta dapat mengambil keputusan secara cermat. cepat, dan tepat dalam situasi kritis namun dengan tetap bertumpu pada penimbangan efektifltas dan eflsiensi.

Di sela – sela acara tersebut, Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian kepada wartawan mengatakan, program magister terapan untuk program studi strategi operasi laut, dimulai sejak 2015, yang sampai sekarang sudah semakin diterima kurikulumnya, baik pada level nasional maupun level internasional.

“Sebagaimana kita ketahui, pada tahun 2018, Seskoal sudah berhasil mendapatkan Akreditasi Nasional “B” dan tahun ini kami berencana untuk reakreditasi “A”.  Tahun depan kita akan melaksanakan akreditasi Internasional, yang nanti lulusan dari Perwira Siswa tersebut akan diterima dan diakui oleh militer seluruh dunia yang setara pendidikannya dalam pendidikan tinggi, sehingga lulusan Seskoal ini mampu menjabat sebagai commander task force yang tergabung dalam misi – misi Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) maupun juga operasi-operasi perdamaian dunia lainnya,” jelas Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian.

Sejak berdiri pada 26 November 1962 lalu hingga saat ini. Seskoal telah berhasil meluluskan 5.121 alumni para perwira mahasiswa, yang kini menjabat mulai dan pemimpin/komandan KRI/Batalyon satuan sampai dengan pemimpin tertinggi di organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), TNI dan Kementerian.

Pada kesempatan ini juga, usai pelaksanaan sidang senat terbuka wisuda Pascasarjana Magister Terapan Program Strategi Operasi Laut ke-5, Komandan Seskoal selaku Direktur Magister Terapan AL meluncurkan buku publikasi Seskoal Press sekaligus dalam rangka Dies Natalis Seskoal Ke-57 Tahun 2019. Buku sebanyak 197 halaman dengan judul “Indonesian Navy, Global Man'time Fulcrum and Asean” tersebut, Iangsung diberikan pertama kali kepada Wakasal atau Dankodiklatal selaku Direktur Politeknik AL. Buku ini merupakan salah satu produk e book dan buku yang pertama kali terbitan dalam Bahasa lnggris dan dapat diakses secara online.

Turut diundang dalam kegiatan Dies Natalis sekaligus upacara penutupan Dikreg ke-57 Seskoal ini, antara lain Direktur Jenderal Pembelajaraan dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Komandan Sesko TNI, Kasespim Polri, para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama, para Komandan Sesko Angkatan, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, Komandan STTAL, para Atase Pertahanan Negara sahabat, Rektor Perguruan Tinggn Mitra Seskoal (Unhan, ITS, UNJ, Ul, IPB, ITB, UGM dan UNDIP), Para Pejabat Kemenristekdikti, Para Pejabat BAN-PT, para Pejabat Utama Seskoal, serta Pengurus Pusat Jalasenastri dan undangan lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait