Jumat, 06 Desember 2019 | 15:31:30 WIB

YBSI Ajak Veteran Dan Purnawirawan Hidup Sehat

Sabtu, 16 November 2019 | 22:54 WIB
YBSI Ajak Veteran Dan Purnawirawan Hidup Sehat

(FOTO : YBSI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) mengajak para veteran di Surabaya untuk hidup sehat. Tak hanya mensosialisasikan hidup sehat terbebas dari penyakit karena kolesterol, gula dan asam urat, YBSI juga mengajak para lansia ini hidup dengan menghindari penyakit menua yakni Osteoporosis. 

Ceramah kesehatan tentang "Osteoporosis dan pencegahannya pada lansia" ini, adalah bagian dari kegiatan Bakti Sosial (Baksos) YBSI, yang diselenggarakan dalam rangka menyambut hari pahlawan 2019, di Hotel Grand Dafam, Jalan Kayon No. 4-10, Embong Kaliasin, kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/11).

Acara yang berlangsung ramai ini, diikuti oleh sekitar 300 veteran dan purnawirawan dari LVRI, PEPABRI, PPAL, PIVERI, PIPAL se Surabaya. Selain dengan veteran, YBSI juga melakukan pelayanan kesehatan dan sosialisasi pada daerah yang memerlukan pemberdayaan kesehatan, seperti  lembaga-lembaga pendidikan dan  pondok pesantren.

Founder YBSI Kolonel Laut (K) dr. Hisnindarsyah MH. M.Kes mengatakan, YBSI memiliki visi untuk pemberdayaan kesehatan bagi masyarakat pra sejahtera, konsentrasinya adalah Bakti Sosial (Baksos) kesehatan, sosialiasi bahaya narkoba/HIV Aids serta pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD). 

Ketua YBSI Hj. Virly Mavitasari menjelaskan, YBSI setiap tahun dua kali menggelar acara baksos kesehatan bagi veteran/janda pahlawan. Karena kesadaran, bahwa Baksos ini, selain untuk pemeriksaan kesehatan, juga sebagai ajang silaturahmi antara sesama veteran dan purnawirawan.

"Karena selain mendapat pelayanan kesehatan umum dan laboratorium serta pemberian obat secara gratis. Para veteran juga mendapat kesempatan untuk saling silaturahmi. Pada kesempatan itu, para veteran mendapat dukungan bingkisan dari PT.Kopi Kapal Api, PT. Karniel Jangkar Pasific, PT. Mayora, dan PT. Terminal Petikemas (TPS) Surabaya," ujar Hj. Virly Mavitasari. 

Sedangkan Hotel Grand Dafam Surabaya mendukung tempat, snack dan sajian makanan siang bagi 300 veteran yang hadir. Termasuk menginap satu malam gratis bagi tokoh pelaku perjuangan 10 nopember 1945.

Ketua Umum PIPAL Pusat ibu Endah Ade Supandi yang hadir pada acara tersebut, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas perhatian yang diberikan oleh YBSI bersama para mitra, untuk para veteran dan purnawiran . 

"PIPAL adalah Paguyuban Istri Purnawiran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Berdiri sejak 4 tahun yang lalu. Kami bersyukur serta mengapresiasi positip kegiatan ini. Kegiatan ini memberikan penghormatan bagi veteran dan purnawirawan, sehingga para veteran/purnawirawan senantiasa tetap bisa terus bersemangat. Semoga kegiatan baksos  ini dapat terus berkesinambungan.Dan YBSI makin sukses," jelas Ibu Endah Ade Supandi. 

Dr hisnindarsyah menjelaskan, pengembangan kerjasama ini dilakukan karena para veteran sudah semakin banyak yang meninggal, sehingga anggota veteran pun semakin berkurang. Oleh sebab itu YBSI merangkul purnawirawan termasuk dari TNI. 

Guna menyukseskan acara ini, YBSI juga mengajak relawan dan  tim medis, baik dokter umum maupun spesialis. “Selain itu juga bekerjasama dengan Hotel Grand Dafam. Sebab dari sejak awal pembentukan YBSI, dalam pelaksanaan Baksos sering digelar di Balai RW, dan sekarang dilaksanakan di hotel, jadi tentunya disambut hangat oleh para veteran dan purnawirawan,” kata dr Hisnin. (ARMAN R)

Berita Terkait