Sabtu, 14 Desember 2019 | 17:51:46 WIB

Komandan Seskoal Hadiri Pembukaan Wanbangopstik LXXV TA 2019

Selasa, 19 November 2019 | 07:04 WIB
Komandan Seskoal Hadiri Pembukaan Wanbangopstik LXXV TA 2019

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., menghadiri Upacara Pembukaan Dewan Pengembang Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) LXXV TA 2019 yang dilaksanakan di Louge Room Perwira Pushidrosal, Ancol, Jakarta Utara, Senin (19/11). 

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) Pembukaan Wanbangopstik LXXV TA. 2019 yaitu Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M yang diwakili oleh Kepala Dinas Operasi Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si

Kegiatan Wanbangopstik LXXV TA. 2019 yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari mengambil tema “Melalui Wabangopstik Ke-75 Tahun 2019 Kita Tingkatkan Kesiapan dan Kemampuan Sistem Senjata Terpadu  Guna Mendukung Tugas TNI Angkatan  Laut”. 

Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si menyampaikan, Forum Wanbangopsdik merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan pola operasi dan taktik serta pengembangannya dengan uji coba konsep operasi peperangan matra laut dalam rangka mendukung tugas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Asops Kasal mengatakan, beberapa materi akan dibahas pada Wabangopstik ini, antara lain Petunjuk Penyelenggaraan Operasi Salvage TNI Angkatan Laut, Petunjuk Penyelenggaraan Operasional Koarmada, Petunjuk Penyelenggaraan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi, Petunjuk Refrensi Pengerahan Satuan Korps Marinir Dalam Operasi Membantu Menanggulangi Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan, Petunjuk Refrensi Penilaian Ouncak TNI Angkatan Laut “Armada Jaya”, serta Petunjuk Penyelenggaraan Latihan Bersama TNI AL.

Diakhi sambutannya, Asops Kasal memberikan beberapa penekanan, antara lain agar forum ini digunakan sebaik-bainya untuk mendiskusikan doktrin, buku petunjuk atau dokumen-dokumen lainnya untuk mendukung pelaksanaan operasi dan latihan agar realitis untuk menghadapi fakta dan potensi ancaman saat ini dan dimasa yang akan datang, melaksanakan diskusi dalam forum ini secara serius dan sistematis dalam nuansa akademis guna menggali dan mengembangkan pemikiran-pemikiran baru yang kreatif dan solutif serta inovatif namun tetap berada pada koridor materi diskusi, semua permasalahan hendaknya didiskusikan secara terbuka untuk menemukan solusi yang terbaik dalam rangka penyusunan buku petunjuk baru sesuai dengan dinamika perkembangaan saat ini.

Tampak Hadir dalam acara tersebut antara lain Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H.,M.H., selaku Penanggung jawab Penyelenggaraan Kegiatan, Iropslat Itjenal Laksamana Pertama TNI Janter E. Manik, M.Si (Han) CFrA., Kadispotmar Mabesal Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Komandan STTAL Laksma TNI Ir. Avando Bastari, Kaskoarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han), Kaskolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., Wadan Kodiklatal Laksamana Pertama TNI B.Ken Tri Basuki, M.Si (Han), CHRMP., Dirdok Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang, Dirdiklat Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Deny Septiana, S.IP., M.A.P., Dankodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han), Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi, serta sejumlah 202 Perwira Menengah (Pamen)  dan tamu undangan lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait