Sabtu, 07 Desember 2019 | 05:56:37 WIB

Kedua Bupati Akan Sosialisasi Permendagri Soal Batas Enam Desa Halut-Halbar

Rabu, 20 November 2019 | 13:43 WIB
Kedua Bupati Akan Sosialisasi Permendagri Soal Batas Enam Desa Halut-Halbar

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (FOTO: KOMPAS/LINDO)

SOFIFI, LINDO - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Toponimi dan Batas Daerah Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang mengatur tentang garis batas daerah antara Pemkab Halbar dan Halut di wilayah enam desa.

Rencananya, Permendagri itu akan diserahkan langsung kepada pemerintah provinsi Malauku Utara (Pemprov Malut) melalui utusan Gubernur Malut, pada Rabu (20/11/2019) di Jakarta.

Kepala Bagian (Kabag) Pengelolaan Perbatasan dan Penataan Kawasan Biro Pemerintahan dan Otda Setda Malut, Aldhy Ali menuturkan, Kemendagri telah mengirimkan surat panggilan kepada Gubernur Malut melalui Biro Pemerintahan dan Otda untuk menerima Permendagri tersebut.

“Biro Pemerintahan rencananya hari Rabu akan ke Jakarta temui Kemendagri guna menerima surat pengantar dari Mendagri ke Gubernur beserta lampiran Permendagri batasnya,” katanya.

Dia menjelaskan, Permendagri ini secara tegas mengatur Garis Batas yang pasti antara kedua daerah. Usai menerima dari Mendagri, Permendagri itu selanjutnya diserahkan ke kedua Pemda untuk disosialisasikan pada masyarakat.

“Terkait dengan isi putusan garis batas yang termuat dalam Permendagri, nanti akan kami sampaikan kemudian, setelah gubernur secara resmi menerima Permendagri tersebut,” pungkasnya.

ALDY

Berita Terkait