Jumat, 13 Desember 2019 | 17:48:23 WIB

Rivai Umar 'Ngotot' Tetap Ikut Calon Walikota Ternate

Senin, 2 Desember 2019 | 07:43 WIB
Rivai Umar 'Ngotot' Tetap Ikut Calon Walikota Ternate

DR Rivai Umar, Calon Walkkota Ternate periode 2020-2025. (Foto: Deteks/Lindo)

TERNATE, LINDO – Bakal calon (Balon) Walikota Ternate, DR. Rivai Umar, menegaskan komitmennya untuk tetap maju dalam pemilu kada Ternate tahun 2020 dengan menjadi calon walikota, bukan wakil walikota. Rivai beralasan, dirinya punya kapasitas dan kemampuan serta pengalaman untuk memimpin Kota Ternate lima tahun ke depan.

Penegasan ini disampaikan Rivai Umar sekaligus menjawab berbagai tawaran dari beberapa kandidat walikota, yang memintanya untuk maju sebagai calon wakil walikota. Menurutnya, seluruh proses seleksi pencalonan yang dilaluinya saat ini, semuanya untuk calon walikota bukan wakil walikota.

“Saya perlu tegaskan, bahwa saya punya massa, pendidikan saya sudah cukup, pengalaman saya di Ternate sangat mendukung, pernah menjadi rektor 12 tahun. Dan saya berhasil merubah status Universitas Khairun dari swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Saya berhasil mengelola universitas swasta dengan dana dari masyarakat dan mengelola PTN dengan dana APBN. Artinya dengan pengalaman ini, saya punya kemampuan mengelola keuangan negara dan menata birokrasi. Untuk itu saya tegaskan, saya adalah calon walikota, atau bakal calon dalam proses saat ini,” kata Rivai Umar, saat menggelar jumpa pers di kediamannya di Kelurahan Jati, Sabtu (30/11/2019).

Rivai menjelaskan, dirinya pernah didatangi beberapa kandidat calon walikota Ternate, seperti Abdullah Tahir, yang memintanya secara langsung untuk menjadi calon wakil walikota. Demikian juga dengan Iswan Hasjim yang mengutus timnya untuk menawarkan hal yang sama. Namun Rivai menolak ajakan tersebut dan lebih memilih untuk konsentrasi pada proses pencalonan di Partai Politik.

“Saya juga ingin klarifikasi soal isu belakangan yang menyebut saya tidak punya kemampuan finansial. Saya tegaskan lagi, ketika saya menyatakan diri maju sebagai calon walikota, maka saya siap membiayainya, mulai dari proses saat ini sampai akhir kampanye nanti,” tegasnya.

Mantan Cawagub Malut yang berpasangan dengan Ahmad Hidayat Mus (AHM) ini menambahkan, sampai saat ini dirinya sudah mendaftar di beberapa partai yang membuka pendaftaran calon walikota seperti PPP, Berkarya, Hanura dan Nasdem. Tak hanya itu, komunikasi dengan pimpinan partai pun terus dilakukan untuk mempermudah tahap penjaringan.

Sementara terkait calon wakil walikota yang akan mendampinginya nanti, Rivai mengaku sampai saat ini masih sebatas komunikasi dengan pimpinan partai maupun dengan tokoh masyarakat, termasuk dengan Ridwan Dero sebagai representasi masyarakat adat. Namun baginya, yang terpenting saat ini adalah mengamankan rekomendasi partai. 

DETEKSNEWS/ALDY

Berita Terkait