Sabtu, 25 Januari 2020 | 20:31:34 WIB

Lantamal XII Pontianak Laksanakan Upacara Hari Armada RI Tahun 2019

Jum'at, 6 Desember 2019 | 11:04 WIB
Lantamal XII Pontianak Laksanakan Upacara Hari Armada RI Tahun 2019

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E mewakili Komandan Lantamal XII Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2019, di Lapangan apel Satrol Mako Lantamal XII, Jalan Kom Yos Sudarso No.1, Jeruju, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (5/12).

Pada upacara peringatan Hari Armada tahun 2019, Wadan Lantamal XII selaku Irup membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Kasal dalam sambutan yang dibacakan Wadan Lantamal XII mengatakan, peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan setiap tahun tentunya tidak dimaknai hanya sekedar sebagai sebuah kegiatan Seremonial semata, karena Hari Armada RI memiliki banyak arti penting bagi segenap Prajurit Komando Armada RI di mana pun bertugas. Momen yang khidmat ini harus dimaknai sebagai wujud rasa syukur kita kepada tuhan yang Maha esa,

Menurutnya, Komando Armada Republik Indonesia (RI) hingga saat ini masih menjadi pilar TNI Angkatan Laut dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut. Hal ini juga menjadi momentum bagi Prajurit matra laut untuk menghargai nilai Heroisme dan Semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Dengan demikian, kita selaku generasi Penerus prajurit jalasena, harus mampu untuk meneruskan dan memegang teguh amanah pendahulu kita dalam melindungi Segenap bangsa serta mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Perkembangan lingkungan strategis dalam kurun waktu belakangan ini, maka kita akan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi saat ini semakin sulit untuk diprediksi, dinamika Keamanan di tingkat global dan regional begitu cepat berubah, Tidak menentu dan dinamis telah menjadi faktor utama.

Terbentuknya kompleksitas ancaman keamanan, baik dalam Bentuk nyata maupun tidak nyata yang membutuhkan kesigapan kita dalam menghadapi semua Ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Selain itu, munculnya berbagai ancaman berdimensi baru yang bersifat Hibrida berupa kombinasi antara Ancaman konvensional dengan aksi kriminal, serangan asimetrik dan serangan Siber harus dapat diantisipasi dan dihadapi oleh seluruh jajaran Angkatan Laut, termasuk Armada RI.

TNI AL melakukan pembangunan postur yang kuat, profesional dan modern yang diikuti dengan melakukan validasi organisasi, Salah satunya adalah dengan telah disetujuinya didalam peraturan presiden nomor 66 tahun 2019 tentang Komando Armada RI, maka Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada baik Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III, diharapkan dengan terbentuknya organisasi baru ini, maka respon cepat terhadap segala bentuk ancaman negara dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat, sejalan dengan pembangunan postur kekuatan Angkatan Laut, maka diperlukan suatu konsep operasi dan gelar kekuatan Angkatan Laut yang optimal disertai oleh tingkat kesiapan operasional yang tinggi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asrena Danlantamal XII Kolonel Laut (S) Benni Philips, Asintel Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Erwien Ticoalu. S.E., Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Herianto T Angi, S.E., Aspers Danlantamal XII Letkol Laut (KH) IGN Suarsana, S.Sos.,M.A.P.,  Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari., Aspotmar Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Dofir, Dansatrol Lantamal XII, Kolonel laut (P) jales jamca jayamahe., Para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal XII, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal XII Pontianak. (ARMAN R)

 

Berita Terkait