Sabtu, 18 Januari 2020 | 22:13:29 WIB

Dankormar Sampaikan Peluang Dan Tantangan Korps Marinir Diera Revolusi Industri 4.0

Sabtu, 7 Desember 2019 | 13:28 WIB
Dankormar Sampaikan Peluang Dan Tantangan Korps Marinir Diera Revolusi Industri 4.0

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Korps Marinir harus mampu beradaptasi dengan cepat  terhadap perkembangan teknologi khususnya industri militer. untuk itu para Komandan Satuan (Dansat) harus mampu membina anggotanya sehingga menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, agar mampu mengawaki sistem senjata yang semakin canggih, serba komputerisasi, digital, dan berteknologi tinggi.

Hal tersebut dikatakan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), saat mengadakan sharing atau berbagi perkembangan nasional, global dan perkembangan Marinir ke depan kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya, di Ruang Rekreasi Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yonarhanud) 2 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jum'at (6/12).

Menurutnya, perkembangan teknologi dalam revolusi industri 4.0 telah mengubah cara hidup manusia secara dramatis. Perubahan secara revolusioner berdampak langsung pada aspek sosial ataupun aspek militer. Kecepatan perubahannya menurut Mc Kinsey Global Institute sampai 3.000 kali revolusi industri pertama. Bahkan dunia berubah dengan begitu cepatnya sehingga saat ini dikenal dengan adanya era “age of disruption”, dimana  semua definisi, ukuran bahkan teori yang dijadikan rujukan selama ini telah diporak-porandakan.

“Di saat yang sama, revolusi industri 4.0 ini memberikan peluang yang sangat besar, sekaligus juga  tantangan serta permasalahan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Persaingan akan dimenangkan bukan oleh mereka yang kuat mengalahkan yang lemah, atau kompetisi akan dimenangkan bukan oleh mereka yang besar menyingkirkan yang kecil,” jelas Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Persaingan ini tambahnya, akan dimenangkan oleh mereka yang bergerak dengan cepat, mampu melaksanakan lompatan-lompatan inovatif, mencari terobosan yang tidak terbelenggu adanya birokrasi, regulasi, dan kerja normatif. 

“Kompetisi akan dimenangkan oleh mereka yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di lingkungannya. Mereka yang bekerja keras, berusaha dengan cerdas, pantang menyerah dan tidak biasa-biasa saja,” ujar Dankormar.

Hadir dalam acara ini, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Wadan Pamasr 2, Pejabat Utama Korps Marinir, Dankolatmar, Danlanmar Surabaya, Pejabat Utama Pasmar 2 serta Dankolak Pasmar 2. (ARMAN R)

Berita Terkait