Rabu, 05 Agustus 2020 | 13:44:11 WIB

Cabor Taekwondo Sea Games 2019 Mulai Dipertandingkan

Sabtu, 7 Desember 2019 | 20:56 WIB
Cabor Taekwondo Sea Games 2019 Mulai Dipertandingkan

(FOTO : PBTI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Cabang Olahraga (Cabor) Taekwondo Sea Games 2019, resmi dibuka di Stadion Ninoy Aquino, kawasan Rizal Memorial Sport Complex, Manila, Filipina, Sabtu (7/12). Secara keseluruhan Cabor Taekwondo akan mempertandingkan dua angka, yaitu Poomsae pada hari ini dan kyorugi (tarung) yang baru akan dimulai 8 - 9 Desember 2019.

Pertandingan dibuka oleh Presiden Asean Taekwondo Federation (ATF) Mounsour del Rosario yang dihadiri oleh pejabat dari Asian Taekwondo (AT) dan Presiden atau ketua federasi/asosiasi taekwondo masing-masing negara peserta. Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki yang didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBTI Dirc Richard yang menyempatkan hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Dalam sambutannya, Del Rosario menyambut selamat datang ke seluruh partisipan, baik atlet, pelatih dan seluruh tim resmi yang bertanding di arena ini. Yang hadir menyaksikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada presiden dan pejabat Taekwondo di negara-negara Asia Tenggara yang hadir menyaksikan gelaran akbar multi acara dua tahunan yang berlangsung di stadion Ninoy Aquiono.

“Kehadiran seluruh peserta merupakan gambaran tentang arti persaingan dan persaudaraan yang penting dari pertarungan itu sendiri. Saya meminta kepada seluruh peserta untuk menjunjung tinggi sportifitas dan persaudaraan itu dibandingkan dengan nilai pertarungan apapun itu, baik yang menang atau menang Karena sejatinya yang menjadi harapan dapat disetel pagelaran Sea Games, termasuk perhelatannya di sini, di mana Filipina menjadi tuan rumah,” ujar Mounsour del Rosario.

Ia juga mengundang seluruh penonton, selain hadir untuk menikmati pertandingan juga mengundang penonton untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas apa yang dilakukan oleh para atlet yang penuh dedikasi, yang berjuang untuk bangsa dan negaranya. 

Sementara itu, Ketum PBTI, Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki berkesempatan memberikan motivasi kepada timnas Indonesia Taekwondo sebelum berlaga pada hari ini. Ketum mendoron para atlet bertanding dengan senang hati, penuh semangat dan pantang menyerah serta tampil penuh percaya diri.

“Kita punya kemampuan dan potensi untuk mengatasi mereka, lakukan yang terbaik. Kalian semua punya potensi dan peluang yang sama dengan mereka untuk menjadi juara," pesannya.  

Setelah acara pembukaan berlangsung, dilanjutkan dengan pertandingan nomor Poomsae. Timnas poomsae Indonesia tengah bertanding. Seperti diketahui Timnas taekwondo Indonesia mengirimkan 18 atlet di nomor kyorugi (tarung) atau poomsae (jurus). 

Untuk nomor kyorugi putra, yaitu: Reynaldi Atmanegara dikelas Di Bawah 54 kg (Fin), Muhammad Basam Raihan Di Bawah 58 kg (Terbang), Ibrahim Zarman Di Bawah 63 kg (Bantam), Dinggo Ardian Prasyogo Di Bawah 74 kg (Ringan) dan Rizky Anugrah Prasetyo Lebih dari 87 kg (Berat). 

Untuk putri, timnas terdiri dari Ni Kadek Prikasih Under 46 kg (Fin), Aqila Ramadani Under 49 kg (Fly), Mariska Halinda Under 53 kg (Bantam), dan Shaleha Yusuf Under 62 kg (Light). 

Di nomor poomsae Indonesia mengirimkan kategori Poomsae Diakui Putra atas nama I Kadek Dwipayana, Kenali putri individu atas nama Rahmania Gunawan Putri Putri, Kenali poomsae mix pair atas nama I Kadek Dwipayana dan Defia Rosmaniar, Kenali tim poomsae putri atas nama Defia Rosmaniar, Ruhil dan Rahmania Gunawan Putri, Gaya bebas Poomsae Putra individu atas nama Wawan Saputra dan Freestyle Poomsae Tim yang terdiri dari Wawan Saputra, Abdul Rahman Darwin, Muhammad Ibnu, Melinda Evelyna dan Ruhil. (ARMAN R)

Berita Terkait