Minggu, 19 Januari 2020 | 20:28:18 WIB

Tempatkan Laut Sebagai Sumber Daya Potensial Perekat Budaya Maritim

Jum'at, 13 Desember 2019 | 19:04 WIB
Tempatkan Laut Sebagai Sumber Daya Potensial Perekat Budaya Maritim

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - “Tempatkan laut sebagai sumber daya yang potensial dan menjadi perekat budaya maritim. Stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur harus diwujudkan melalui peran aktif seluruh Negara di kawasan ini, termasuk Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartanto dalam amanat tertulis yang dibacakan Asisten Logistik (Aslog) Kasal, Laksda TNI Moelyanto, M.Si (Han)., saat memimpin upacara Hari Nusantara Tahun 2019 di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Jum’at (13/12). 

Hari Nusantara Tahun 2019 mengusung tema “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju”, merupakan peringatan yang ke-19, sejak pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2001. Peringatan ini bertujuan untuk menggaungkan kembali semangat perjuangan para Bapak Bangsa dan pahlawan kita dalam mewujudkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang pertama kali dicetuskan dalam “Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957.

Menurut Menko Perekonomian, peringatan Hari Nusantara merupakan sarana penguat Wawasan Nusantara dan sarana mengembangkan potensi daerah menjadi destinasi pariwisata nasional maupun internasional. Kota Pariaman dipilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara yang ke-19 dan dipusatkan di Pantai Gandoriah, karena memiliki keindahan alam dan sejarah perjuangan bangsa.

Pemerintah kata Menko Perekonomian, memberikan perhatian besar bagi kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir, pulau-pulau terluar dan terpencil melalui konsep Pembangunan Indonesia Sentris yang bertujuan agar rakyat Indonesia yang berada di pinggiran, di kawasan perbatasan, di pulau pulau terdepan, di kawasan terisolir merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan dan merasa bangga menjadi warga NKRI.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa, untuk bekerja keras mewujudkan cita cita Indonesia sebagai negara maju dan berkeadilan pada tahun 2045. “Mari kita jadikan momentum Hari Nusantara Tahun 2019 ini sebagai langkah untuk mempertebal semangat kebhinekaan dan tetap melaksanakan pembangunan Nusantara dalam mengelola wilayah maritim, pesisir hingga perbatasan dan pulau-pulau terluar sebagai bagian dalam upaya menjaga kedaulatan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Airlangga Hartanto.

Turut hadir dalam upacara tersebut, 
para Wakil Asisten Kasal, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, serta para Pamen, Pama, Bintara, dan Tamtama serta PNS Mabesal. (ARMAN R)

Berita Terkait