Selasa, 26 Mei 2020 | 13:10:08 WIB

Siap Kompotisi, Pertina Kota Ternate Siap Raih Puluhan Medali Emas

Sabtu, 14 Desember 2019 | 00:27 WIB
Siap Kompotisi, Pertina Kota Ternate Siap Raih Puluhan Medali Emas

(Foto: Faisal/Lindo)

TERNATE, LINDO - Pelepasan cabang olahraga Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Ternate yang di ikuti oleh 20 kelas bertanding dengan kelas kategori Elite Man dan  kategori Youth yang terbagi 17 putra dan 3 putri. Dan kelas itu hanya diwakilkan oleh Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Selatan.(Halsel).

Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Ternate Nuryadin Rachman mengatakan
untuk kabupaten/kota rata-rata petinjunya tidak ful clas yang ful clas itu hanya Ternate dan Halsel.

"Dari komposisi atlet kami dua bulan ini full untuk latihan. Kami target juara umum, minimal kami dapatkan 10 medali emas. Mudah-mudahan dari 20 kelas itu kami bisa target diatas 20 medali emas," katanya.

Dalam kesempatan itu, Nuryadin mengungkapkan pada dua tahun lalu pihaknya juga pernah juara umum, namun tahun kemarin kami tidak masuk pada juara umum karna alasannya tim memilih undur diri untuk cabang olahraga itu.

"Tahun ini kami fokus juara umum karena persiapan atlet telah kami fokus selama dua bulan ini," ujarnya.

Kemudian melalui tahapan seleksi terhadap 24 sasana di kota Ternate, dan tidak ada yang mencopot dari perorangan. Yang ada hanya buat seleksi dari 24 sasana dan itulah hasil 20 atlet terbaik. 20 atlet terbaik itu di godok lagi selama dua bulan dengan 10 orang pelatih, jadi 10 pelati itu masing-masing menangani 1 orang pelatih dan tugasnya membawahi 2 kelompok atlet.

"Jadi materinya lebih kuat, termasuk pemahamannya terhadap materi juga lebih cepat. Waktu latihan juga terukur, jadi kalau dari latihan dan persiapan, diatas kertas kami bisa berkesimpulan pasti meraih juara umum," tandasnya.

Sedangkan tahapan seleksi telah melibatkan 24 sasana yang pernah bersaing di TC, dan berhasil keluar terpilih sebanyak 20 atlet dari hampir 170 atlet.

"Jadi dari seluru persiapan latihan dan kesiapan mental itu sudah dipastikan bahwa materi yang ada itu bisa juara umum," ujarnya.

Dalam kesempatan itu ia berharap agar para atlet harus bermain secara profesional jangan sampai para atlet olahraga ada dibawah tekanan.

"Kalian harus bermain secara sportif. Karena olahraga itu butuh permainan, jadi anda harus menikmati permainan itu," harapanya.

Dalam kesempatan itu, Nuryadin ingin semua atlet harus bermain dengan gembira, supaya seluruh materi dan tehknik itu bisa dikeluarkan.

"Kadang singgel figter di bawah tekanan materinya tidak keluar dan itu berlaku di semua cabang olahraga," ungkapnya.

FAISAL

Berita Terkait