Rabu, 26 Februari 2020 | 01:29:28 WIB

Danrem 152/Babullah Pimpin Upacara Peringatan Hari Infanteri Ke -71 Tahun 2019

Kamis, 19 Desember 2019 | 18:37 WIB
Danrem 152/Babullah Pimpin Upacara Peringatan Hari Infanteri Ke -71 Tahun 2019

(FOTO : KOREM152/LINDO)

TERNATE, LINDO - Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah Kolonel Infanteri Endro Satoto, S.l.P,.M.M. meminpin Upacara Peringatan Hari Infanteri Ke -71 tahun 2019, di Lapangan Bola Batu Angus Ternate Utara, Maluku Utara, Kamis (19/12).

Dalam upacara tersebut, Danrem 152/Babullah membacakan amanat Komandan Pusat Persejataan Infanteri Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, yang menyampaikan  salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II 19 Desember 1948 lalu.

Dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat no. 1pb/d/1948 dan menjalankan perintah siasat no. 1/1948 tanggal 12 juni 1948, dengan melaksanakan perang rakyat semesta. pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate (infiltrasi) dengan cara long march kembali ke wilayah masing-masing gerilya.

“Dari peristiwa tersebut kita mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri, sesuai dengan tema hari Infanteri tahun ini yaitu : “bersama rakyat infanteri kuat,“ katanya

Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan infanteri yang tangguh, profesional, modern serta memancarkan semangat untuk senantiasa memperkokoh kemanunggalan tni dengan rakyat.

“Saya berharap tema tersebut kita jadikan sebagai komitmen bersama untuk benar-benar dipahami dan dihayati serta diimplementasikan melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten, sesuai dengan peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat,” harapnya.

Hadir dalam upacara tersebut, para Dandim jajaran Korem 152/Babullah, Ketua Basarnas Ternate Bpk Muhamad Arfa S.H, Danyonif 732/Banau, para Komandan/Kepala Balakrem, para Kasi/Pasi, Ketua Persit KCK Koorcab Korem 152 beserta pengurus serta sejumlah Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Korem 152/Babullah. Tidak ketinggalan jajaran Polda Maluku Utara dan Brimob Maluku Utara mengikuti acara tersebut. (FAISAL)

Berita Terkait