Selasa, 21 Januari 2020 | 16:19:10 WIB

Sekolah Harus Mampu Bentuk Karakter Anak Sejak Dini

Kamis, 26 Desember 2019 | 06:55 WIB
Sekolah Harus Mampu Bentuk Karakter Anak Sejak Dini

(Foto: Sumardin/Lindo)

TERNATE, LINDO - Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Ibrahim Muhammad mengakui disekolah tidak hanya cukup belajar untuk pembentukan karakter anak saja, namun sekolah juga harus mampu memperbaiki mental yang berahlak mulia sejak dini.

"Ditempat mana saja saya sering bilang bahwa disekolah tidak hanya cukup tempat menuntut ilmu pembentukan karakter anak saja, melainkan bahwa disekolah juga mampu merubah ahlak anak-anak menjadi yang berguna bagi masa depan mereka," kata Ibrahim Muhammad pada kegiatan hafiz Al Qur'an juz 29 dan juz 30 di SD Islam Sahabat Cendekia, Kelurahan Ngade, Kota Ternate, Malut, Selasa (24/12/2019).

Kegiatan Hafidz Qur'an yang dirangkaikan dengan penerimaan raport semester anak ini merupakan kerjasama sekolah dan Komite Sekolah yang diharapkan menjadi penyemangat siswa SD Islam dalam menciptakan para siswa yang mampu menghafal juz 29 dan juz 30 Al-Qur'an di sekolah mengutamakan pengembangan karakter anak.

Dirinya berharap bahwa sekolah mengembangkan konsep pendidikan "Dodika" atau Dorongan Pendidikan Berkarakter dengan konsep tiga tungku yakni bagaimana anak menerima pendidikan yang baik di lingkungan rumah/keluarga, lingkungan sekolah dan di mesjid.

Menurutnya jika sejak dini karakter anak dibentuk di tiga lingkungan ini maka dipastikan anak akan mampu meraih masa depan yang baik.

"Karena kedepannya era robotik dimana peran manusia diganti dengan robot, maka Sumber Daya Manusia yang dicari adalah yang berakhlak. Apalagi kini banyak karier yang membutuhkan anak dengan kemampuan menghafal Al-Qur'an, itulah yang menjadi kelebihan tersendiri," ujar Ibrahim.

Dia mencontohkan masuk kepolisian dan calon mahasiswa di beberapa perguruan tinggi bergengsi harus ada menerima hafidz hafidzah Qur'an lima juz tanpa tes, sehingga dirinya yakin apa yang diterapkan SD Islam Sahabat Cendekia ini akan sangat berguna bagi masa depan anak.

"Kalau anak-anak sudah digembleng dengan menghafidz hafidzah qur'an lima juz tanpa tes, saya yakin apa yang diterapkan disekolah ini akan sangat berguna bagi masa depan anak-anak kita," tandasnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SD Islam Sahabat Cendekia, Kalsum Puha berharap adanya dukungan kuat dari Dinas Pendidikan Kota Ternate supaya program anak berahlak mulia terus dikembangkan.

"Saya mengharapkan adanya dukungan yang kuat dari Dinas Pendidikan Kota Ternate, karena hal ini sudah masuk dalam kurikulum belajar sehingga sport dari semua pihak sangat berarti, supaya konsep perbaiki ahlak dan karakter anak bisa terjaga dikemudian hari," bebernya.

Sedangkan Ketua Komite Sekolah, Zulziah Wati yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi keinginan sekolah untuk menciptakan hafidz dan hafidzah Qur'an, serta pengembangan karakter siswa.

Menurutnya di tahun 2020 nanti, Komite Sekolah bersama para guru sudah merencanakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan karakter siswa sehingga siswa memiliki kreativitas dan pemahaman yang baik sejak dini.

"Kami sudah ada rencana di tahun 2020 ada kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan karakter siswa sehingga siswa memiliki kreativitas dan pemahaman yang baik sejak dini," pungkasnya.

SUMARDIN

Berita Terkait