Kamis, 04 Juni 2020 | 05:43:26 WIB

Dalam Kurung Waktu 1X24 Jam Kadis DPMD Mampu Membuka Musdes Diempat Desa di Kecamatan Mangoli Utara

Minggu, 29 Desember 2019 | 13:38 WIB
Dalam Kurung Waktu 1X24 Jam Kadis DPMD Mampu Membuka Musdes Diempat Desa di Kecamatan Mangoli Utara

(FOTO: RUDY/LINDO)

SULA, LINDO - Malam itu masyarakat desa Falabisahaya sangat merasa penasaran kira-kira rencana belanja dan membangun apa saja yang sudah di sepakati di musyawarah dusun (Musdus) dan nanti akan di sahkan melalui musdes untuk tahun 2020 nanti.

Namun, demi kematangan dalam mengambil langkah pemikiran dan penetapan rencana pembangunan fisik dan non fisik,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis DPMD) Fataha Umasangadji dalam sambutannya menegaskan khusus untuk Dana desa (DD) tolong perhatikan pembangunan infrastruktur di Desa Rawa Mangoli.

"Ini adalah aturan dan tolong bangun komunikasi yang baik antara kaur keuangan Falabisahaya dan kaur keuangan desa Rawa Mangoli. Sebab, Desa Rawa Mangoli merupakan anak desa dari Falabisahaya," kata Kadis.

Dalam sambangan kedua di Desa Modapuhi, Kadis DPMD kembali menegaskan agar benar-benar mempersiapkan diri yang baik jangan sampai orang dari luar yang memimpin jadi kepala desa di Modapuhi.

"Rakyat harus bergerak sesuai dengan aturan dan mekanisme. Pemerintah desa agar segera menyelesaikan kurang lebih dua puluh satu rumah yang belum terpasang meteran instalasi listrik," ujarnya.

Berlanjut perjalanan ke desa Sanihaya, setibanya disana tak lama acara pun di mulai. Kadis DPMD mengarahkan agar ke depan ada hal-hal penting sifatnya wajib yang harus di perhatikan. Musyawarah juga nanti akan membicarakan masyarakat yang mampu dan tidak mampu. Dan jangan terlalu sibuk dengan fisik dan harus di perhatikan tentang pemuda karena pos pemuda di APBDES juga ada.

Sementara pukul 21.30 Wit, di desa Minaluli yang di duga memilik sejumlah masalah, yang pelik adalah terkait bumdes dan penganggaran sepuluh unit mesin laut lima PK.

Dalam sambutan Kadis DPMD di ruang pertemuan desa Minaluli mengatakan kehadirannya tidak ada hubungan dengan hal lain selain membicarakan soal pemantapan pengelola alokasi dana desa untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kehadiran kita pada malam hari ini tidak ada hubungan dengan yang lain-lain. Kita hadir disini hanya membicarakan bagaimana tahun 2020 pemantapan pengelolaan alokasi dana desa untuk kesejahteraan masyarakat desa minaluli, sebab satu rupiah milik negara harus di pertanggung jawabkan," katanya.

Dari empat desa yang di sambangi oleh Kdis DPMD, di akhir sambutan beliau selalu mengingatkan kepada pemerintah desa agar memperhatikan bantuan-bantuan dari dinas lain terutama dinas sosial agar bantuan tersebut di bagi secara merata kepada yang berhak menerima, seperti bantuan raskin.

Yang kedua adalah, program pencegahan stanting, itu lima persen dari APBDES, dan rinciannya nanti bisa di koordinasikan dengan Kadis Kesehatan. ketika sudah di gaji oleh negara maka kita harus berkomitmen membangun negeri.

"Dan yang terakhir adalah pesan bapak bupati, tolong jaga ketertiban keamanan lingkungan karena tahun depan 2020 adalah tahun politik. Ada masalah jangan main hakim sendiri dan jangan buat gerakan tambahan yang melanggar hukum," tandasnya.

Pak Kadis PMD, dalam perjalanan beliau ke empat desa di dampingin oleh, Kepala Pemerintah Kecamatan Mangoli Utara Farid Umasangadji, Kapolsek Mangoli Utara-Barat Iptu Safruddin Bella, SH, dan Kepala Komando Rayon Militer 1510-01 Dofa Kapten Infantri Awad Manjeng, beserta babinkamtibmas Bripka Irfan Umaternate dan babinsa Pelda Hasan Boamona.

RUDI UTER

Berita Terkait