Selasa, 21 Januari 2020 | 15:06:14 WIB

Setda Kabupaten Pulau Taliabo Hadiri Kegiatan Pelantihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa

Minggu, 12 Januari 2020 | 17:14 WIB
Setda Kabupaten Pulau Taliabo Hadiri Kegiatan Pelantihan  Peningkatan Aparatur  Pemerintah Desa

Foto Sumardi Ladubi Pada Saat Menghadiri Kegiatan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa Di Desa Dege

TALIABU LINDO - Pelatihan peningkatan pemerintah desa, BPD serta lembaga desa. Desa dege kecamatan taliabu utara kabupaten pulau Taliabu, yang dibuka langsung oleh kepala bagian tata pemerintahan setda kabupaten pulau Taliabu, moh amrul badal. sekaligus sebagai pemateri kegiatan pada kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dege yakni pelatihan peningkatan aparatur pemerintah desa  yang bertempat di aulah bumdes desa kilong dihadiri oleh kepala pemerintahan kecamatan taliabu utara, karim suamole kepala bidang dari dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) kabupaten pulau taliabu para pendamping desa dan seluruh aparat pemerintah desa dege sebagai peserta, Sabtu (10/01).

Kegiatan tersebut dalam upaya peningkatan sumber daya aparatur pemerintah desa, perlu adanya bimbingan teknis, karena dinilai sebagian besar dari 71 desa yang berada di kabupaten pulau taliabu adanya ketidak mampuan aparat pemerintah desa terutama dalam pelaksanaan tugas dan tupoksinya.

Infonya bahwa 71 desa di kabupaten pulau taliabu banyak persoalan yang terjadi ketidak mampuan aparat desa dalam melakukan tugas, minimnya pengetahuan aparat desa dan pengelolaan dalam pemerintahan desa sehingga kepala desa pun harus kerja sendiri," katanya

Diadakannya pelatihan peningkatan aparat pemerintah desa dege di dalam daerah tentunya sangat efektif dan dapat mengimalisir anggaran dibandingkan ke luar daerah, hal ini dapat dijadikan sebagai contoh untuk beberapa desa lainnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, saya anggap bahwa ini sangat lazim, supaya perangkat desa, BPD dan LPM itu bisa tahu fungsinya masing-masing, harapan saya apa yang disampaikan oleh pemateri ke seluruh peserta dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya," ujar kades naser Mus ujarnya. (Sumardin)

Berita Terkait