Sabtu, 08 Mei 2021 | 09:02:22 WIB

Empat Puskesmas di Taliabu Terakreditasi, RSUD Bobong Bintang Dua

Rabu, 15 Januari 2020 | 19:21 WIB
Empat Puskesmas di Taliabu Terakreditasi, RSUD Bobong Bintang Dua

(Foto: Sumardin/Lindo)

TALIABU, LINDO - Setelah puskesmas Lede dan puskesmas Bobong berhasil terakreditasi pada tahun 2018 silam, kini Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, berhasil menambah jumlah puskesmas yang terakreditasi dengan nilai yang memuaskan sebanyak empat puskesmas.

Selain itu, Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Bobong juga naik status bintang dua. Dengan adanya penambahan 4 puskrsmas yang terakreditasi di tahun ini, maka dari 8 puskesmas yang tersebar di 8 kecamatan Kabupaten Pulau Taliabu ini sebanyak 6 puskesmas yang telah terakreditasi.

"Alhamdulillah empat puskesmas terakreditasi dengan nilai lulus, dua lulus utama, diantaranya samuanya dan Nggele, dan dua lainnya adalan puskesmas Gela, kecamatan Taliabu Utara lulus dengan status dasar sementara puskesmas Loseng lulus dengan status madya," kata Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly kepada awak media di Bobong (7/1/2020) kemarin.

Dari capaian akreditasi tersebut, Kuraisia beranggapan sebagai amanah untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di kabupaten Pulau Taliabu.

Selain empat puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, juga telah terakreditasi dengan standar akreditasi madya (bintang dua), dari Komisi Akreditasi Kementrian Kesehatan yang bergerak pada fasilitas tingkat pertama (FTP).
Kepala Dinas kesekatan mengatakan bahwa, fasilitas tingkat pertama pada Komisi akreditasi kementrian kesehatan merupakan lembaga independen yang bertugas melakukan penilaian atas setiap lembaga kesehatan yang ingin di akreditasi.

"Dasar penilaian dari akreditasi di RSUD Bobong kurang lebih berjumlah 700 sasaran penilaian yang terbagi pada tiga pokja yakni, pokja administrasi, UKM dan pokja UKP," jelasnya.

Selain itu kata dia, dokter yang tersedia di RSUD Bobong berjumlah 10 orang umum, dan dua orang dokter spesialis. Selain dari 10 dokter yang bertugas di RSUD Bobong, ada juga doter yang di tugaskan di masing-masing puskesmas yakni, Bobong 2 dokter, Loseng 1 dokter, Gela 2 dokter, Samuya 1 dokter, Tabona 1 dokter dan Pencado 1 dokter.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Propinsi Maluku Utara sebagai pendamping pada akreditasi RSUD Bobong dan komisi akreditasi kementrian kesehatan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit melalui akreditasi RSUD Bobong yang saat ini berstatus sebagai madya tingkat pertama," ucapnya.

Kuraisia juga menilai, capaian kelulusan akreditasi dengan nilai yang cukup memuaskan ini tidak terlepas dari perhatian maupun peranan bupati Pulau Taliabu maupun peranan lintas sektor yang diharapkan dapat meningkatkan kulitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Kelulusan akreditasi dengan nilai yang cukup memuaskan ini tidak terlepas dari perhatian maupun peranan bupati Pulau Taliabu. Kedepan kami berharap peranan lintas sektor dapat meningkatkan kulitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat," paparnya.

SUMARDIN

Berita Terkait