Senin, 24 Februari 2020 | 21:00:20 WIB

Prajurit Yonkes 2 Marinir Evakuasi Korban di Purboyo Malang Selatan

Selasa, 21 Januari 2020 | 19:38 WIB
Prajurit Yonkes 2 Marinir Evakuasi Korban di Purboyo Malang Selatan

(Foto: Menbanpur 2 Marinir/Lindo)

MALANG, LINDO - Prajurit Batalyon Kesehatan 2 Marinir (Yonkes2 Mar) yang dipimpin Serda Apm Syafikar melaksanakan evakuasi Korban tempur di pertigaan desa Sumber Bening Purboyo, Malang Selatan, Selasa (21/02/2020).

"Skenario ini merupakan rangkaian Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) yang digelar Yonkes 2 Mar guna meningkatkan kemampuan perorangan kesenjataan dan kesiapan untuk memberikan dukungan kesehatan baik saat operasi maupun latihan," jelas Danyonkes 2 Mar Mayor Laut (K) dr. Abdul Haris, Sp.BS., M.Tr.Opsla.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa evakuasi medis adalah usaha dan kegiatan dalam rangka pengangkutan ataupun pemindahan secara tepat waktu, dalam hal ini tentang pemindahan terhadap suatu korban bencana kecelakaan ataupun terluka dalam medan pertempuran.

Pemindahan tersebut harus secara tepat waktu, efisien, dan hati-hati, untuk selanjutnya dibawa dari suatu tempat kejadian ke tempat fasilitas perawatan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wadanki Evak B Yonkes 2 Mar selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lettu Laut (K) dr. Yogy Ima Septiana mengatakan, prajurit yang melaksanakan LPK kesehatan TW I tahun 2020, memberi materi praktek pendalaman tentang evakuasi medis.

Jenis evakuasi medis yang menjadi materi pelajaran antara lain, evakuasi medis tanpa alat (Manual Evacuation), evakuasi medis dengan tandu (Litter/Stretcher Evacuation).

"Karena prajurit kesehatan adalah prajurit dengan tugas utama pendukung dalam setiap kegiatan latihan dan bahkan pertempuran, untuk itu prajurit peserta LPK dituntut  harus bisa melaksanakan suatu tugas evakuasi medis di semua medan secara profesional. Sesuai arahan dari instruktur bahwa semua peserta latihan ini harus mendalami secara betul agar apabila menghadapi problem evakuasi medis dapat dikerjakan dengan lancar.” pungkasnya.

Yosafat RH/Menbanpur 2 Marinir

Berita Terkait