Senin, 24 Februari 2020 | 21:34:52 WIB

Prajurit Menbanpur 2 Marinir Terima Pelajaran Jungle dan Sea Survival

Selasa, 21 Januari 2020 | 19:47 WIB
Prajurit Menbanpur 2 Marinir Terima Pelajaran Jungle dan Sea Survival

(Foto: Menbanpur 2 Marinir/Lindo)

MALANG, LINDO - Prajurit Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Mar) yang tergabung dalam Latihan Perorangan Dasar (LPD ) / Latihan Perorangan Kesatuan (LPK) TW 1 Th 2020 menerima pelajaran Jungle dan Sea Survival di hutan tropis Purboyo Malang Selatan, Selasa (21/01/2020).

Kegiatan yang dipantau langsung oleh Pasops Menbanpur 2 Mar Letkol Mar M.Nur Rohman merupakan salah satu materi yang dilatihkan dalam Latihan LPD yang bertujuan untuk mengenalkan cara bertahan hidup di hutan dan di laut kepada Prajurit Menbanpur 2 Mar.

Dengan dipandu Serka Marinir Andri dan Serda Marinir Jupriyadi Pelatih dari PLP Marinir 4/ Purboyo memberikan penjelasan tentang tata cara bertahan hidup di hutan dan dilaut dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung (tanpa harus dimasak terlebih dulu) dan cara bertahan di laut.

Pada kesempatan tersebut pelatih menyampaikan bahwa Jungle dan Sea Survival akan membentuk kepribadian seseorang menjadi kuat terhadap tekanan, mampu mengatur emosi dan sanggup bertahan serta menguasai keadaan walau dalam kondisi sangat terbatas.

Lebih lanjut pelatih mengatakan bertahan hidup dalam tekanan sangatlah menyulitkan. Apalagi tekanan itu disebabkan karena lapar dan haus.

Dalam kondisi demikian ternyata karakter sesungguhnya dari seseorang akan terlihat khususnya saat mereka sedang dalam terdesak dan tersudut. Sehingga akan tampak pula perilaku tertentu dalam usaha menyelesaikan masalah (problem solving), mengatur ego (Self Mastery), management conflict, dan keinginan untuk bertahan hidup.

Yosafat RH/Menbanpur 2 Marinir

Berita Terkait