Rabu, 26 Februari 2020 | 07:52:07 WIB

Prajurit Kompi Bantuan Pendarat (Yonbekpal 2 Mar) Pertajam Ilmu Marshalling Helly

Sabtu, 25 Januari 2020 | 07:56 WIB
Prajurit Kompi Bantuan Pendarat (Yonbekpal 2 Mar) Pertajam Ilmu Marshalling Helly

(Foto: Menbanpur 2 Marinir/Lindo)

MALANG SELATAN, LINDO - Prajurit Batalyon Bekpal 2 Mar khususnya Kompi Bantuan Pendarat (Banrat) melaksanakan latihan perorangan kesenjataan (LPK) TW I TA. 2019, dengan materi marshalling helly (Pemanduan Helly) yang dilaksanakan di Kesatrian Marinir Sardulo Puslatpur IV Marinir, Purboyo, Malang Selatan, Rabu (22/01/2020).

“Memandu helly mendarat dipetak pendaratan merupakan salah satu tugas pokok prajurit Bantuan Pendarat dalam mendukung operasi amfibi, untuk memperlancar dan mempercepat pendistribusian bekal, pasukan maupun evakuasi korban, peran helly sangat vital dan sangat dibutuhkan. Dan pada saat awal pendaratan pengiriman bekal kritis sangat diperlukan kecepatan, apabila Ranratfib dirasa kurang bisa menjangkau jarak jangkaunya, maka helly adalah pilihan terakhir. Helly mendarat apabila tempat pendaratan helly aman dari musuh dan aman dari alam itu sendiri. Di Tim OLP, helly mendarat dipandu dan diamankan oleh angggota Seksi Banrat dengan dibantu oleh anggota Zeni untuk menyiapkan lapangan/letak pendaratan helly,” jelas Lettu Marinir Wawan Kurniawan selaku Palaklat saat memberikan arahan dan petunjuk teknis tentang pelaksanan latihan di lapangan.

Komandan Yonbekpal 2 Marinir Letkol Marinir Ari Eko Daryanto, M.Tr.Hanla. selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) menyampaikan bahwa marshalling helly merupakan salah satu tugas pokok prajurit Kompi Bantuan Pendarat dalam mendukung operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP), latihan ini diadakan dengan tujuan agar prajurit Kompi Bantuan Pendarat mampu dan memahami akan tugas dan tanggung jawabnya.

Selesai melaksanakan latihan marshalling helly, prajurit Yonbekpal 2 Mar melakukan persiapan untuk LPD materi Hanmars (ketahanan mars) yang dilakukan keesokan harinya dengan menggunakan tenue PDLT beban tempur dengan jarak kurang lebih 16 KM, dilaksanakan dari Pusat Latihan Tempur IV Marinir Purboyo menuju Pantai Kondang Merak, Malang selatan.

Yosafat RH/Menbanpur 2 Marinir

Berita Terkait