Kamis, 20 Februari 2020 | 14:49:47 WIB

Kabidopsdiklat Pusdiklat Kemhan Buka Pendidikan Bela Negara Para Calon Pegawai BI

Selasa, 28 Januari 2020 | 14:32 WIB
Kabidopsdiklat Pusdiklat Kemhan Buka Pendidikan Bela Negara Para Calon Pegawai BI

(FOTO : HUMASKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kabidopsdiklat Pusdiklat Bela Negara Kolonel Inf Ade Kurnianto mewakili Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S.,M.B.A, memimpin pembukaan pendidikan Bela Negara bagi para calon pegawai Bank Indonesia (BI) berjumlah 150 orang, di Lapangan Pusdiklat Bela Negara, Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/1).

Kepala Badiklat (Kabadiklat) Kemhan dalam sambutannya yang dibacakan Kabidopsdiklat Pusdiklat Bela Negara Kolonel Inf Ade Kurnianto menyampaikan, pembinaan kesadaran bela negara diarahkan untuk menangkal faham-faham, ideologi dan budaya yang bertentangan dengan nilai kepribadian Bangsa Indonesia.

Menurutnya, Bela Negara yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pendidikan dan latihan serta sosialisasi, sehingga akhirnya dapat dijadikan landasan yang kokoh terhadap ketersediaan sumber daya pertahanan yang tangguh.

“Hakekat pembinaan kesadaran Bela Negara adalah upaya untuk membangun karakter Bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ketahanan nasional demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945,” jelas Kabadiklat.

Terpeliharanya pelaksanaan Pembangunan Nasional lanjutnya, guna mencapai tujuan Nasional dapat terwujud apabila seluruh komponen bangsa senantiasa menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan.

“Hal itu sesuai sesanti Pusdiklat Bela Negara yaitu “Inkud Prabeda Ngelar Angsab” yang mempunyai arti mempersempit perbedaan memperluas persamaan,” ujar Kabadiklat.

Kabadiklat Kemhan juga menyampaikan, selama kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara ini, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku Kader Bela Negara yang nasionalis dan patriotis. (ARMAN R)

Berita Terkait