Jumat, 25 September 2020 | 13:05:56 WIB

Agus Sadmoko (Kang Asad) Terpilih Sebagai Ketua DPD IPI Jawa barat. 

Senin, 17 Februari 2020 | 14:08 WIB
Agus Sadmoko (Kang Asad) Terpilih Sebagai Ketua DPD IPI Jawa barat. 

(FOTO : IPI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Bandung Raya Agus Sadmoko (Kang Asad), terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPI Provinsi Jawa Barat (Jabar), yang sebelumnya bersaing dengan dua kandidat, yaitu Dudu Sukirna dan Dessi Permata.

IPI DPD Jabar yang baru dibentuk pada 29 Januari 2020 lalu, merupakan hasil dari Musyawarah Daerah (Musda) yang mengadakan rapat pleno untuk melakukan pemilihan suara Ketua DPD IPI Jabar dan telah melaksanakan musda dengan lancar dan sukses,

Pada 30 Januari 2020 diadakan Upacara Pelantikan Ketua Terpilih yang dihadiri oleh Widiyanto (Kepala Seksi Pengembangan Obyek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jabar) yang juga dihadiri oleh tamu undangan para ketua dan utusan khusus asosiasi dan organisasi pariwisata, seperti Asita Jabar, Asppi, KGB, Asperwi, ITLA, LAPI, Pawira, PTLB, HPI, Astindo, Asati, disamping IPI DPP, IPI DPD Jabodetabek, IPI DPD Yogyakarta serta IPI DPW Kuningan, Cirebon serta Yogyakarta. 

Kang Asad sebagai Ketua DPD IPI Provinsi Jabar Terpilih menyampaikan, program kerja yang akan diusung ke depan, diantaranya adanya kerjasama dengan beberapa hotel di Indonesia yang harganya akan lebih murah dibanding dengan OTA (Online Travel Agent ), khusus untuk anggota IPI di seluruh Indonesia, juga banyak program lainnya, seperti mengajak berwisata khusus untuk kaum Jompo yang ada di Asrama Jompo, serta membantu pemerintah Provinsi Jabar dalam menciptakan Desa Wisata yang terintegrasi dengan ekonomi kreatif untuk menjadikan masyarakat sadar wisata, untuk meningkatkan taraf ekonominya.

"Yang pasti IPI DPD Jabar ingin berkolaborasi dengan sesama organisasi dan komunitas pariwisata yang ada di Jabar untuk ikut membantu membenahi permasalahan yang ada di dunia pariwisata, karena dunia pariwisata bersifat multi lintas yang merangkul semua elemen, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang nantinya diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif bagi pelaku industri pariwisata serta suasana nyaman bagi para wisatawan, diantaranya adalah masalah perparkiran di wilayah Kota Bandung yang saat ini belum tersedia lahan khusus yang resmi untuk parkir bus pariwisata, yang mengakibatkan tingginya biaya parkir di beberapa lokasi Kota Bandung," jelas Kang Asad.

Menurutnya, program yang akan dikedepankan yang pastinya tidak bisa dikerjakan sendiri, tetapi harus adanya kolaborasi dengan sesama asosiasi yang sejenis serta dukungan dari pihak pemerintah terkait. Sehingga tercipta dan terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan oleh semua pelaku dan insan pariwisata pada umumnya.

Sebagaimana diketahui, Insan Pariwisata Indonesia (IPI) adalah organisasi yang didalamnya beranggotakan para pelaku
usaha pariwisata dalam wilayah Republik Indonesia (RI) yang bebas dari kepentingan politik. Insan Pariwisata Indonesia adalah organisasi tingkat nasional yang tingkatannya terbagi dalam wilayah propinsi, kota / kabupaten di seluruh Indonesia. 

IPI dibentuk Tahun 2015 lalu, tepatnya 6 April di Kota Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) dan hingga kini IPI sudah ada di beberapa DPD di Indonesia, juga di beberapa kota (DPW) di masing - masing provinsi. IPI yang beranggotakan para insan pariwisata yang memang bergerak secara aktif di industri pariwisata merupakan organisasi atau Asosiasi yang legal dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang telah tersusun sebagaimana syarat dari berdirinya suatu asosiasi. 

Dengan jumlah anggota, baik dari bidang tours & travel, hotel, restoran, cafe, transportasi, souvenir shop, obyek wisata, tour guide dan tour leader serta pelaku usaha pariwisata lainnya, yang setiap tahun nya terus bertambah, berkeinginan untuk bisa bersinergi dengan berbagai stakeholder industri pariwisata dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) nya serta memajukan dunia pariwisata Indonesia untuk lebih maju lagi baik di lingkup domestik maupun internasional. 

Berikut susunan Pengurus IPI DPD Jawa Barat Periode Tahun 2020 - 2023 :

Ketua : Agus Sadmoko ( Kang Asad )
Sekretaris : Dewi Purwanti
Bendahara : Della Rahmawati Rahayu

Bidang I : Pariwisata
Kabid : Lia Dalianti
Kasie T&T : Rudiana
Kasie Hotel & Resto : Arman Rachmatullah Effendi
Kasie Transportasi : Sandi Handika

Bidang II : Organisasi & SDM
Kabid : Dessi Permata
Kasie Organisasi : Pei Sian ( Cici Shianny )
Kasie SDM : Nurhasanah

Bidang III : Humas dan Infokom
Kabid : Ariyanto
Kasie Humas : Indra
Kasie Infokom : Rusbani

Bidang IV : Sosial & Budaya
Kabid : Neni Andriani, SSos.
Kasie Sosial : Gan Gan G PRAWIRA
Kasie Budaya : Yanti

Visi : 

Menjadikan IPI DPD Jawa Barat sebagai organisasi berkualitas dalam pengembangan SDM nya, untuk mendukung terciptanya Provinsi Jawa Barat sebagai destinasi wisata utama.

Misi : 

1. Membangun solidaritas tinggi sesama anggota untuk menciptakan sinergitas yang berkelanjutan.
2. Membangun kerjasama dengan semua pelaku pariwisata untuk pengembangan produk wisata yang lebih baik.
3. Terciptanya komunikasi dengan unsur pemerintahan terkait serta media massa.
4. Menciptakan SDM yang berkualitas untuk bisa tampil melesat jauh kedepan.
5. Memajukan potensi pariwisata Indonesia pada umumnya dan Provinsi Jawa Barat khususnya sebagai Daerah Tujuan Wisata yang dibanggakan. (ARMAN R)

Berita Terkait