Rabu, 01 April 2020 | 18:28:09 WIB

Komandan Korps Marinir Pimpin Sertijab Danpasmar 1

Rabu, 19 Februari 2020 | 11:48 WIB
Komandan Korps Marinir Pimpin Sertijab Danpasmar 1

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) memimpin langsung Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasmar 1 dari  Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han) kepada Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M,Han, di lapangan Apel Hartono Bumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Selasa (18/2/20).

Kegiatan Sertijab tersebut diawali dengan dentuman suara keras menandakan upacara Sertijab segera dimulai dibarengi dengan masuknya kendaraan tempur Korps Marinir yang membawa ribuan pasukan upacara yang dipimpin satu Komando Komandan Upacara Letkol Marinir Wartono,M.Tr. (Han) yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi (Danyon Ranratfib) 1 Marinir.
 
Dalam sambutannya, Dankormar menyampaikan, Sertijab merupakan bagian dari dinamika organisasi dalam menyongsong perkembangan lingkungan strategis dan tuntutan tugas yang dihadapi satuan, serta bagian dari proses pembinaan personel dalam rangka perkembangan karir bagi setiap individu dijajaran Korps Marinir (Kormar) dengan berbagai aspek penilaian, juga merupakan proses kaderisasi dan penyegaran dalam jajaran Kormar sebagai upaya untuk pengembangan satuan dengan pemikiran yang visioner, penuh dengan inovasi dan kreatifitas yang tinggi.

“Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No 66 tahun 2019, bahwa Kormar disamping sebagai Kotama Pembinaan dijajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), juga sebagai Kotama Operasi TNI sebagai salah satu Komando utama dijajaran TNI, Kormar juga mempunyai tugas untuk melaksanakan berbagai macam tugas, antara lain melaksanakan operasi amfibi, operasi pertahanan pantai atau coustal defent, dan operasi pertahanan pulau-pulau terluar strategis," jelas Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Pasmar 1 lanjutnya, sebagai salah satu Komando pelaksana utama Kormar, telah hadir dalam setiap penugasan baik di dalam ataupun di luar negeri, Pasmar 1 juga telah menorehkan berbagai prestasi-prestasi yang membanggakan, dan Pasmar 1 selalu menunjukan kesiapsiagaan yang tinggi dalam merespon dinamika tugas-tugas yang dibebankan oleh TNI. Semua itu tidak terlepas dari militansi yang tinggi dari para prajurit petarung jajaran Pasmar 1 dan peran kepemimpinan dari seorang Komandan yang mampu mensinergikan jajaran dibawahnya dengan kepemimpinan lapangan yang handal dan akseptable.
  
"Saya, Dankormar menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah atas dedikasi, loyalitas, pengabdian dan segala sumbangsih pemikirannya selama menjabat sebagai Danpasmar 1 sehingga Kormar yang kita banggakan ini menjadi lebih maju dari waktu ke waktu, serta ucapan yang sama saya sampaikan kepada Ibu Ayu Nur Alamsyah atas dorongan semangat dan kesetiaan dalam mendampingi tugas suami serta Organisasi Jalasenastri Korcab Pasmar 1 Korps Marinir," ucap Dankormar.

Kepada Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, Dankormar juga menyampaikan selamat atas jabatan yang baru sebagai Komandan Pasmar 1 dan selamat atas kenaikan pangkatnya menjadi Brigjen TNI Marinir. "Saya yakin dengan bekal pendidikan, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki Jenderal akan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi positif dalam memajukan Pasmar 1 dimasa yang akan datang. Demikain pula kepada Ibu Rini Wurjanto, saya yakin ibu dapat mencurahkan dukungan terbaik terhadap tugas suami dan menjadi ibu bagi prajurit dan keluarga besar Pasmar 1 khususnya Jalasenastri Korcab Pasmar 1," ujar Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Pada kesempatan itu, Dankormar berpesan kepada seluruh prajurit Pasmar 1, agar mengerahkan segenap kemampuan terbaiknya untuk mendukung Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M,Han, sebagai Komandan Pasmar 1 yang baru sehingga segala tugas yang diamanahkan kepada Pasmar 1 dapat terlaksana dengan baik dan sukses.
 
Kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasmar 1 diwarnai dengan demontrasi ketangkasan Prajurit Petarung Kormar mulai dari Kolone Senjata, Beladiri Karate, Tembak reaksi dan Demontrasi Panahan dari ibu-ibu Jalasenastri Korps Marinir.
 
Turut hadir dalam upacara tersebut Sekertaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos, Kabaranahan Kemhan Mayjen TNI Budi Priyono, Deputi Bidang Opslat Bakamla Laksda TNI TNSB Hutabarat, MMS, Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSS IV Mayjen TNI (Mar) Suharyanto, Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, Komandan Pasmar 1 dari masa ke masa, Pejabat Utama Mako Kormar, Ibu Ketua Jalasenastri PG Kormar dan Pengurus. (ARMAN R)

Berita Terkait