Kamis, 02 April 2020 | 19:56:18 WIB

Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (Covid-19) Di Kohanudnas

Rabu, 11 Maret 2020 | 16:06 WIB
Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (Covid-19) Di Kohanudnas

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Guna mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dan Kosekhanudnas I terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19), Kesehatan Kohanudnas melaksanaan kegiatan sosialisasi tentang virus Corona (Covid-19) dengan pembicara  dr. Faizal R. Matondang , Sp. P  yang jabatan sehari-harinya sebagai tim ahli virus corona RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso dan dr. Agnes Sukenty Niken seorang pakar rempah-rempah, di Gedung Leo Wattimena, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (11/3).   

Acara diawali dengan pembacaan sambutan Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E,. yang diwakili Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M dilanjutkan dengan paparan oleh pembicara.  

Hadir dalam acara tersebut, Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Zulfahmi, para pejabat Kohanudnas dan Kosekhanudnas I, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kohanudnas dan Kosekhanudnas I. 

Dalam sambutannya Pangkohanudnas mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar para prajurit dan PNS mengetahui apa yang harus dilakukan guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19) serta mengetahui apa itu virus covid-19, gejala-gejala yang ditimbulkan, bagaimana mengantisipasinya dan yang terakhir mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil, jika sudah terkena dampak.

Sementara itu, dalam penjelasannya, dr. Faizal R. Matondang, Sp. P, mengatakan, virus corona merupakan bagian dari keluarga besar virus yang mungkin menyebabkan sakit pada hewan atau manusia. Pada manusia beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi, mulai dari flu ringan sampai kepada penyakit yang lebih serius seperti middle East Respiratory Sindrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), Corona virus yang paling terakhir ditemukan menyebabkan penyakit Covir-19. Gejala umum Covir-19 adalah demam, lelah, dan batuk kering. 

"Orang dapat tertular Covid-19 dari mereka yang telah terinfeksi virus ini sebelumnya dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar saat orang terinfeksi batuk atau bernafas. Tetesan kecil ini akan mengenai objek atau permukaan tertentu dan akan menular jika orang yang menyentuh mengusap mata, hidung atau mulut mereka," jelas dr. Faizal R. Matondang.

Sementara dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), secara resmi orang Indonesia yang terinfeksi positif virus corona berjumlah 27 orang,  jumlah ini bisa meningkat lagi secara signifikan apabila kita tidak waspada.  

Pada kesempatan tersebut, dr. Faizal R. Matondang juga menekankan, bahwa ditengah merebaknya virus corona ini diharapkan kita tidak perlu panik, melainkan selalu melakukan hidup sehat, yaitu dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan menggunakan masker bila batuk atau pilek.

Sedangkan dr. Agnes Sukenty Niken menjelaskan, mengenai rempah-rempah atau empon-empon asli Indonesia, seperti jahe, kencur, sereh, kunyit, dan rempah lainnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah virus menyerang tubuh, termasuk virus Corona.

Diakhir acara, dilaksanakan penyerahan kenang-kenangan dari Kohanudnas untuk RS Prof. Dr. Sulianti Saroso yang diserahkan Kas Kohanudnas kepada dr. Faizal R. Matondang , Sp. P. (ARMAN R)

Berita Terkait