Sabtu, 30 Mei 2020 | 01:51:57 WIB

Hari ini Siswa SMKN 7 Halbar Hadapi Ujian Nasional

Senin, 16 Maret 2020 | 18:20 WIB
Hari ini Siswa SMKN 7 Halbar Hadapi Ujian Nasional

Para siswa SMKN 7 Halbar sedang mengikuti ujian nasional dihari pertama UN yang berada di desa Akelamokao, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halbar, Senin (14/03/2020). (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Seluruh siswa sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) se-Indonesia pada Senin (14/03/2020) pagi, secara serentak mengadakan ujian nasional (UN). Sama halnya seperti SMK Negeri 7 Halmahera Barat (Halbar) yang berada di desa Akelamokao, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halmahera Barat, provinsi Maluku Utara, juga ikut uian nasonal.

Hasil pantauan media ini sebanyak 16 siswa-siswi dari sekolah tersebut pada pagi hari sudah antusias mengikuti hari pertama ujian nasional dengan satu mata pelajaran yaitu bahasa Indonesia.

Salah satu wali gurunya Usman Karibun saat ditemui media ini mengaku bahwa pelajaran pada hari pertama yang digelar yaitu pelajaran bahasa Indonesia dengan sesi waktu hanya diberikan 2 jam untuk menyelesaikan soal-soal yang sudah di sediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) dari Jakarta.

Hanya saja, kata dia, peserta khususnya di SMK Negeri 7 Halbar ini mengikuti Ujian Nasional menggunakan komputer yang berbasis of line.

"Kalau sudah selesai ujian nasional selama 4 hari, maka ujian yang berbasis komputer secara online ini akan di input lalu dikirim ke pusat. Setelah itu nilainya akan dikirim kembali pada sekolah masing-masing untuk di gabungkan pada ujian sekolah yang dilaksanakan baru-baru ini," kata guru SMK Negeri 7 Halbar Usman Karibun disela-sela ujian Nasional di desa Akelamokao.

Lebih lanjut Usman mengatakan, bahwa ujian yang sama juga dilakukan pada tanggal 2 Maret hingga tanggal 9 Maret 2020, dengan 14 mata pelajaran.

"Ujian sekolah digelar baru-baru ini disekolah kami yaitu pada tanggal 2-9 maret 2020, dan ada 14 mata pelajaran yang sudah deselesaikan oleh siswa kami, mudah-mudahan mereka semua bisa lulus ditahun ini," ujar Usman.

Uian nasional berbasis komputer secara online hanya digelar selama 4 hari dengan 4 mata pelajaran yaitu bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan.

Sedangkan ujian sekolah hanya membutuhkan waktu 8 hari dengan 14 mata pelajaran. Sementara ujian nasional berbasis komputer secara online berlangsung hingga Kamis (17/03/2020) mendatang.

ALDY/RED

Berita Terkait