Jumat, 05 Juni 2020 | 20:13:41 WIB

Ketua KNPI Sula Sikapi Penyebaran Covid-19 di Kepsul

Senin, 23 Maret 2020 | 14:00 WIB
Ketua KNPI Sula Sikapi Penyebaran Covid-19 di Kepsul

Ketua DPD KNPI Kabupaten Sula Saiful Sibela. (Foto: Imelda/Lindo)

KEPSUL, LINDO - Menyikapi langkah-langkah yang suda di lakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) atas penyebaran virus Corona/Covid-19 di kabupaten Kepulauan Sula, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kesul Saiful Sibela juga ikut angkat bicara.

Kepada media ini Saiful menyampaikan bahwa ada beberapa tawaran solusi dan juga masukan untuk pemerintah daerah dalam penanganan virus ini.

"Kami mengapresiasi langkah-langkah Pemda Kepsul. Tetapi menurut pandangan kami perlu terus di evaluasi sehingga penanganannya lebih maksimal, karena menurut kami Pemkab Kepsul harus melakukan penyediaan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kepsul untuk pemeriksaan kesehatan jika merasa batuk flu sebagai langkah awal mengantisipasi virus corona demi menjaga kesehatan masyarakat dengan memberdayakan pos-pos layanan kesehatan di desa-desa yang ada di kabupaten kepulauan Sula," katanya.

Selain itu, kata dia Pemkab Kepsul harus benar-benar menyediakan informasi tentang pencegahan dan penanganan virus corona yang falid dari sumbernya yang terpercaya dengan membuat posko-posko informasi di beberapa titik pusat keramaian.

"Hal itu sangat perlu sekali, termasuk menyediakan stiker penangan virus corona yang bisa di bagikan kepada warga sebagai bahan informasi," ujarnya.

Saiful berharap agar Pemkab Kepsul harus membentuk tim gabungan penanganan virus corona di Kepulauan Sula untuk melakukan sidak atau pemeriksaan pada kualitas sembilan bahan pokok (sembako) dipasaran.

"Pemda harus kroscek sembako yang sudah kadaluarsa, termasuk kroscek daging hewan berupa sapi dan ikan yang di perjual belikan dipasar. Harus pastikan bahwa semua itu dalam keadaan segar," tandasnya.

Dengan demikian kata dia, jika hal itu dilakukan dengan baik maka pencegahan virus Corona /Covid-19 lebih berkesenambungan lagi.

"Kalau Pemda benar-benar tangani hal itu dengan baik lagi maka pencegahan Covid 19 di Kepsul akan berakhir dengan baik pula," cetus Saiful.

IMEL

Berita Terkait