Kamis, 09 April 2020 | 13:52:26 WIB

Peringati Hutnya Ke-52, Rumkital Marinir Cilandak Gelar Doa Bersama Civitas Hospitalia

Selasa, 24 Maret 2020 | 15:55 WIB
Peringati Hutnya Ke-52, Rumkital Marinir Cilandak Gelar Doa Bersama Civitas Hospitalia

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Rumah Sakit Marinir TNI Angkatan Laut (Rumkital) Marinir Cilandak merayakan Hari Ulang Tahun (Hut) nya ke 52 secara sederhana dalam bentuk doa bersama Civitas Hospitalia untuk kemajuan dan keselamatan Rumkital Marinir Cilandak dalam menghadapi Pandemi Covid-19, pada Senin (23/3/20).

Komandan Rumah Sakit Angkatan Laut (Danrumkital) Marinir Cilandak Kolonel Laut (K/W) dr. Jati Berandini Prastiwi, MARS., dalam arahannya menyampaikan, kita sebagai awak kesehatan merupakan Garda terdepan untuk membantu masyarakat yang mengalami musibah yang saat ini sedang mewabah akibat virus Covid-19, bahkan banyak menelan korban jiwa, oleh karenanya kita tetap bekerja di kantor dan keluarga tetap tinggal di rumah.

Menurutnya, beberapa upaya yang telah dilakukan Rumkital Marinir Cilandak dalam memutuskan penyebaran dan penularan Covid 19, diantaranya, pertama, dengan membatasi tempat duduk/kursi pengunjung pasien dengan memberi tanda x (merah) agar tidak diduduki dengan demikian pasien akan terbatasi terhadap penularan. 

Kedua, pasien dilarang dikunjungi dan yang menunggu pasien dibatasi hanya satu orang penunggu. Ketiga, setiap pengunjung dan karyawan yang masuk Rumkital Marinir Cilandak diperiksa dengan mengecek suhu tubuh jika diketahui panas tinggi diatas 38°C maka orang tersebut diarahkan ke IGD untuk tindakan pemeriksaan lebih intensif. 

Keempat, memasang tenda disinfektan yang diberlakukan untuk kendaraan dan personel yang masuk dengan melalui tenda guna menanggulangi virus yang ada. Kelima, melaksanakan apel terpisah masing-masing Satker untuk mengurangi kerumunan orang. Keenam, mengadakan sosialisasi dan edukasi terhadap personel RSMC dan pengguna Rumah Sakit tentang cuci tangan, penggunaan masker, memerangi interaksi dengan personel lainnya.

Dengan adanya instruksi Gubernur DKI pada hari Sabtu (14/3/20) tentang penetapan situasi siaga, seluruh rangkaian acara perayaan Hut Ke 52 Rumkital Marinir Cilandak kali ini yang bertemakan "Mengutamakan Keselamatan dan Semangat Kebersamaan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan", kecuali kegiatan sosial donor darah ditiadakan, kemudian disikapi dengan menyiagakan peran Rumkital untuk menghadapi Pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Panitia Hut Letkol Laut (K/W) dr Lila Irawati T.W.,Sp.An.,M.Kes yang sehari-harinya menjabat sebagai KaBag Kamar Operasi/ICU menyampaikan kepada personel Rumkital Marinir Cilandak agar tetap tenang, waspada dan tidak panik dalam menghadapi pandemi ini.

“Menjaga kesehatan diri dengan melaksanakan enam langkah cuci tangan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan asupan makan makanan bergizi serta multivitamin merupakan salah satu upaya memutuskan siklus penularan corona virus 2019. Serta selalu berdoa demi keselamatan kita bersama," jelasnya. (ARMAN R)

Berita Terkait