Kamis, 04 Juni 2020 | 06:53:45 WIB

Pademi COVID-19, Polres Kepulauan Sula Adakan Operasi Keselamatan Kieraha 2020

Selasa, 7 April 2020 | 15:57 WIB
Pademi COVID-19, Polres Kepulauan Sula Adakan Operasi Keselamatan Kieraha 2020

(Foto: Imelda/Lindo)

SANANA, LINDO - Ditengah mewabahnya pademi Covid-19, program kerja Polri masih terus berjalan, operasi keselamatan ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Polda di Indonesia. Di Polda Maluku Utara kegiatan operasi keselamatan tersebut dengan sandi, "Keselamatan Kieraha-2020".

Sehubungan dengan program kerja Polri tersebut, Satlantas Polres Kepulauan Sula juga melakukan kegiatan operasi keselamatan Kieraha 2020 diseluruh wilayah hukum Polres Kepulauan Sula yaitu di Kabupaten Kepulauan Sula dan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Melalui siaran pers, Selasa (07/04/2020), Paur Humas Polres Sula Bripka Iswandi Sangaji, menjelaskan bahwa kegiatan Operasi Keselamatan Kieraha 2020 dilaksanakan sejak Senin (06/04/2020) hinggga Minggu (19/04/2020).

"Biasanya operasi ini dilakukan dengan cara melakukan razia di beberapa titik kerawanan. Namun operasi keselamatan kali ini Satlantas Polres Kepulauan Sula akan melakukan dengan merubah cara penindakan dengan mengutamakan pola preemtif dan prefentif. Cara ini dilakukan dengan melihat kondisi terkini wabah Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sula maupun di Kabupaten Pulau Taliabu," kata Iswandi.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Kasat Lantas Polres Kepulauan Sula AKP Mochtar Saniapon. Menurutnya, dalam razia ini pihaknya akan mengedepankan pola preemtif dan pola preventif yang sifatnya himbauan pemutusan mata rantai Covid-19 atau virus corona dan pencegahan pelanggaran berlalu lintas kepada masyarakat.

"Tidak ada razia selama kegiatan operasi keselamatan Kieraha 2020, kami lebih mengedepankan pola preemtif dan pola preventif yang sifatnya himbauan pemutusan mata rantai Covid-19 atau virus corona dan pencegahan pelanggaran berlalu lintas kepada masyarakat," ujarnya.

Meskipun demikian diharapkan kepada seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan agar tetap atau diwajibkan memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan berkendara, sehingga cara tetap memakai helm untuk melindungi kepala dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dengan meningkatnya penderita akibat virus corona tersebut maka Kasat Lantas AKP Mochtar Saniapon menghimbau agar masyarakat tetap berada di rumah dan tidak keluar di jalanan tanpa ada tujuan atau keperluan yang penting dan apabila keluar rumah maka selalu gunakan masker dan diperbiasakan untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

"Hal ini juga merupakan bagian dari arahan pemerintah pusat agar masyarakat juga tetap berada di rumah dan menerapkan pola Physical distancing ditengah wabah, kalau tidak terlalu urgent tolong tidak usah keluar rumah," cetusnya.

IMEL

Berita Terkait