Minggu, 07 Juni 2020 | 03:49:40 WIB

Hadapi Pandemi Covid-19, Puslatpurmar-3 Grati Laksanakan Program Ketahanan Pangan  

Rabu, 8 April 2020 | 16:30 WIB
Hadapi Pandemi Covid-19, Puslatpurmar-3 Grati Laksanakan Program Ketahanan Pangan   

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pusat Latihan Pertempuran-3 Grati (Puslatpurmar-3 Grati) melaksanakan program ketahanan pangan dalam rangka menghadapi Pandemi Covid-19, di dalam Ksatrian Puslatpurmar-3 Grati, dengan budidaya ikan tawar, di Danau Ranu Grati, krambah binaan Puslatpurmar-3 Grati, Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Rabu (8/4/20).

Pelaksanaan ketahanan pangan dengan bercocok tanam dan budidaya ikan tawar jenis Nila dan Patin ini, dipimpin langsung oleh Komandan Puslatpurmar-3 Grati Mayor Mar Rudi Sutisna, M.Tr.Opsla., diikuti seluruh prajurit PLP-3 Grati dan Perwira di jajarannya.

Komandan Puslatpurmar-3 Grati mengatakan, program ketahanan pangan dan budi daya ikan tawar yang dilakukan oleh satuannya, merupakan salah satu cara untuk memperkecil ketergantungan terhadap pasar, karena tanaman dan ikan tawar ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh prajurit Puslatpurmar-3 Grati untuk kebutuhan tambahan sehari-hari.

"Program ketahanan pangan yang dilakukan oleh kami, adalah tanaman rumahan yaitu tanaman holtikultura dan palawija lainnya. Selain itu juga memanfaatkan lahan kosong sekaligus mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan untuk menghadapi pandemi Covid-19," jelas Mayor Mar Rudi Sutisna.

Menurutnya, Palawija dan Holtikultura merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan, diantara sumber makanan utama bagi manusia dan kecepatan panen tanaman tersebut, selain tidak banyak memerlukan air juga mampu bertahanan dalam kondisi kering dan sangat cocok di tanah Grati ini.

“Ketahanan pangan dimulai ketahanan rumah tangga, karena itu sangat penting bagi setiap rumah tangga dan itu sangat mudah, dengan memanfaatkan lahan yang berada di dalam Ksatrian, pangan dapat tersedia setiap saat untuk memenuhi kebutuhan tambahan keluarga,” papar Komandan Puslatpurmar-3 Grati.

Tujuan jangka pendek pelaksanaan ketahanan pangan yang dilakukan satuannya tambahnya, adalah memanfaatkan lahan kosong yang ada di dalam Ksatrian sebagai penyedia pangan untuk prajurit Puslatpurmar-3 Grati dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Sedangkan untuk jangka panjangnya meningkatkan sumber pangan yang beragam, bergizi seimbang dan meningkatkan akses pangan keluarga Puslatpurmar-3 Grati itu sendiri," jelasnya.

Orang nomor satu di Puslatpurmar-3 Grati juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi prajurit PLP-3 untuk lebih giat dan berpartisipasi dalam membantu pemerintah mensukseskan program ketahanan pangan yang saat ini digalakkan. (ARMAN R)

Berita Terkait