Selasa, 02 Juni 2020 | 00:07:26 WIB

HKTI DAN KNPI Sula Bergandeng Tangan Dalam Melawan Penyebaran Corona Virus Atau Covid-19

Kamis, 9 April 2020 | 13:32 WIB
HKTI DAN KNPI Sula Bergandeng Tangan  Dalam Melawan Penyebaran Corona Virus Atau Covid-19

Foto Imelda Lindo Sanana

Lindo Sanana - Bertempat di Uma Awa atau Rumah Kebun yang menjadi Sekretariat HKTI Sula di Fogi Dara-Sanana, HKTI Sula dan KNPI DPD Kab. Kepulauan Sula (Kepsul) sepakat secara bersama melawan Covid-19. Uma Awa juga sekaligus menjadi Posko Bersama dalam kegiatan relawan para pengurus kedua Organisasi ini untuk melakukan kegiatan sosial-kemanusiaan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai Virus Corona atau Covid-19 yang menjadi permasalahan bangsa khususnya di Maluku Utara dan Kab. Kepulauan Sula. 

Saat di temui oleh Liputanindonesianews.com (09/04/2020) Sek. HKTI Sula Hi. Faruq Bahanan dan Ketua KNPI DPD Kepsul Ajis Banapon sepakat melakukan serangkaian kegiatan santunan pekerja harian dan sosialisasi pencegahan Corona serta mempopulerkan (Tagar) "Boumapara atau Dirumahsaja."

"Ada beberapa kegiatan yang akan kami lakukan bersama Adik-adik KNPI terkait pencegahan Covid-19, tujuannya memutus mata rantai penularannya dengan menghimbau Social Distance serta coba memberikan perhatian atas dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan atas wabah Corona ini", beber Sek. HKTI Hi. Faruq Bahanan. 

Hi. Faruq juga mengatakan kegiatan ini didukung penuh oleh DPP HKTI juga Ketua Umum Bpk. Moeldoko serta Ketua HKTI Provinsi Dani Missy yang juga Bupati Halbar serta tentunya dukungan penuh dari Ketua HKTI Sula yang juga Bupati Kepsul Hendrata Thes.

Lebih lanjut kepada awak media Sek. HKTI Sula mengatakan bahwa Pekerja Harian yang dimaksud adalah Gapoktan Barito (Kelompok Tani Bawang, Rica, Tomat), Sopir Angkot, Ojek, Buru Bagasi/TKBM serta Para Jurnalis/Wartawan yang juga kita tau tanpa kenal lelah memberitakan terkait Covid-19. 

Kami akan melakukan secara bertahap, dan Sabtu nanti Kami mulai  perdana untuk Gapoktan Barito di Desa Wainini ujar Hi.Faruq

Sementara  Ketua KNPI Sula Ajis Agus Banapon merespon baik kegiatan ini, menurutnya KNPI sebelumnya sudah melakukan Penyemprotan Disinfektan di 6 Desa Kec. Sulabesi Barat dan 1 Desa Kec. Sanana Utara.

"Kami dari KNPI sudah menghibahkan diri Kami untuk menjadi relawan Covid-19, untuk itu kemarin juga KNPI mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Pencegahan Corona untuk bersama-sama melakukan Sosialisasi dan Pencegahan Virus Corona", ungkap Ajis Banapon. 

Dirinya mengakui bahwa sebagai mitra pemerintah Daerah, baik KNPI dan HKTI mempunyai tanggung jawab moral atas permasalahan yang ditimbulkan dari wabah Corona ini. 

"Selain mencegah dan memutus maat rantai Pencebaran Covid-19, kita juga secara bersama-sama harus memikirkan dampak sosial-ekonominya", Ujar Ketua Ajis Agus Banapon. 

Digambarkan bahwa 'merger' kegiatan HKTI&KNPI ini berupa Pembagian Sembako dan bantuan Saprodi (Sarana Produksi) Pertanian, serta Penyemprotan dan Sosialisasi Corona serta Social Distance. 

Baik Ketua HKTI dan KNPI berencana akan membagikan Paket berisikan: Beras, Gula, Telur, Susu, Minyak Goreng, Vitamin dan Masker. 

Menurutnya Ini sebagai stimulus, bahwa harus ada perhatian terhadap mereka para pekerja harian.

"Kami akan terus membantu sesuai kemampuan Kami, untuk itu Kami juga berharap ada stakeholder yang lain juga ikut memperhatikan Basudara Kita yang berprofesi sebagai Pekerja Harian", Ujar Hi. Faruq

Dikatakan HKTI dan KNPI juga dalam waktu dekat akan membuka Rek. Donasi batuan Covid-19. (Imel)

Berita Terkait