Rabu, 03 Juni 2020 | 23:45:24 WIB

Demi Memastikan Penyaluran Bansos Tepat Sasaran Bupati Kepulauan Sula Terjun Langsung Ke Lapangan

Kamis, 9 April 2020 | 15:44 WIB
Demi Memastikan Penyaluran Bansos Tepat Sasaran Bupati Kepulauan Sula Terjun Langsung  Ke Lapangan

Foto Imel Lindo Sula

Lindo Sanana - Menghadapi situasi di tengah pandemik Covid-19, Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul)  Hendrata Thes turun langsung ke Desa-desa di kecamatan Sulabesi Selatan untuk memantau langsung dan memastikan penyaluran sembako yang di lakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kepsul. Rabu, (08/04/2020) tepat sasaran.

Penyaluran Sembako berupa Beras 28 Kg, Kacang hijau 2 Kg dan Telur Ayam 19 butir, di salurkan di Kecamatan Sulabesi Selatan, yakni Desa Sekom, Desa Wainib, Desa Waitamua, Desa Fuata dan Desa Waigai. 

Pada saat kunjungan tersebut Bupati kabupaten kepulauan Sula Hendrata Thes menemukan ada sejumlah warga kurang mampu yang namanya belum terdata sehingga  belum memiliki Kartu Sembako. Pada kesempatan itu, Bupati langsung mengatakan bahwa warga kurang mampu yang namanya belum terdata dan belum dapat menerima bantuan maka jangan salahkan Pemerintah Daerah tapi silahkan salahkan Kepala Desa karena Kepala Desa yang tidak memasukkan nama. 

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrata Thes di hadapan warga masyarakat dan juga awak media langsung memberikan waktu satu minggu kepada para Kepala-kepala Desa yang ada di kecamatan Sulabesi Selatan agar segera mendata kembali  warga yang tidak mampu di Desa masing-masing agar data tersebut diberikan kepada Dinas Sosial sehingga di buat kartu sembako. 

Bahkan sesuai dengan pantauan Liputan Indonesia News  Bupati Kabupaten kepulauan Sula juga menegaskan kepada Kepala Desa agar mendata nama warga kurang mampu jangan hanya mendata nama orang-orang yang di anggap dekat dengan Kepala Desa. "Kalau sampai ini terjadi maka siap-siap resiko tanggung sendiri". Tegasnya. 

"Kalau mendata harus benar-benar orang/ keluarga yang layak untuk menerima bantuan pemerintah sehingga bantuan yang tersalurkan tepat sasaran, dalam arti harus data nama warga yang kurang mampu yang betul-betul layak  untuk mendapatkan Bantuan Sosial(Bansos) dari pemerintah. 
Jangan orang yang tidak mampu tidak di data sementara orang yang mampu di data, kalau terjadi seperti itu maka Kepala Desa yang menanggung dosa". Ungkapnya. 

 Selanjut nya, Bupati Hendrata Thes yang didampingi oleh beberapa tenaga kesehatan terus melakukan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona dan membagikan alat pelindung diri (APD) berupa Masker secara gratis dengan suka rela kepada warga. 

Bupati Kabupaten kepulauan Sula, mengatakan dengan musibah wabah Corona/Covid-19 ini, saya berharap warga masyarakat tidak panik, dan selalu Ikhtiar, menjaga kesehatan dan memakai alat pelindung diri dengan menggunakan masker, jika merasa tubuh tidak sehat, segera mendatangi petugas kesehatan supaya bisa di cek kesehatan nya, cetus Hendrata Thes di sela-sela kunjungan nya. (Red/Imel)

Berita Terkait