Jumat, 23 April 2021 | 02:48:32 WIB

Pemerintah desa kasango akan berikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kurang mampu

Senin, 20 April 2020 | 19:54 WIB
Pemerintah desa kasango akan berikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kurang mampu

Foto rapat penetapan (BLT)

TALIABU LINDO _ Mengantisipasi imbas dari kebijakan Pemerintah tentang Sosial Distancing dalam pencegahan Penularan Wabah covid 19, Pemerintah desa kasango kecamatan Taliabu barat laut, kabupaten pulau taliabu Maluku Utara, Sebentar lagi akan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (dd) Kepada masyarakat Kurang mampu, senin (20/04).

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pemerintah Desa Yakni Arsat, kepada salah satu media saat rapat penetapan Penerima  Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dilaksanakan di aula kantor desa setempat, dalam rapat penetapan itu di hadiri oleh sejumlah  aparat desa antaranya, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Akbir dan Anggota, Perwakilan Pemuda Kasango, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Pihak Pendamping Desa serta tokoh masyarakat yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanganan dan pencegahan penularan Covid 19.

 

Arsat mengatakan bahwa, mekanisme penerimaan akan disesuaikan dengan anjuran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah tentang peralihan anggaran Dana Desa kepada Penanggulangan Pencegahan Covid19 setelah dilakukan pendataan oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid 19 desa.

 

"Nama nama tersebut sudah selesai didata oleh tim Covid 19, dan ada penyesuaian penerima BLT, misalnya warga yang terdaftar dalam KPM /PKH, dan BPNT mereka ini tidak lagi didata untuk menerima BLT, karena mereka sudah mendapat bansos dari kementerian sosial.

 

Ada beberapa kriteria yang masuk dalam daftar, salah satunya warga kurang mampu yang belum mendapat bantuan apapun." ungkap arsat usai melaksanakan rapat bersama Tim saat ditemui pada senin, 20/04/2020 pukul 12.00 siang tadi.

 

Arsat yang juga Ketua Tim Relawan Pencegahan penularan Covid 19 kemudian mengatakan bahwa bersama tim relawan desa terus gencar melakukan berbagai kegiatan dalam menghalau penularan wabah yang sedang merebah hingga saat ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan keseluruh titik diwilayah desa kasango, selain itu dirinya juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap dirumah bersama keluarga sehingga jaring penyebaran Covid bisa segera terputus.

 

" selaku Tim Relawan kita terus lakukan penyemprotan cairan disinfektan, yang dijadwalkan 2 kali seminggu, serta ada himbauan juga kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan, dan tetap menjaga jarak dan perkumpulan dengan orang lain" demikian disampaikan arsad tentang keseriusan dalam memberikan perlindungan kepada warganya. 

 

Kembali kepada hal penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepala pemerintah desa tersebut menyampaiakan bahwa akan diporsikan sesuai jumlah penerima dengan besaran Dana Desa yang diterima nantinya "kalau besaran jumlah  yang akan disalurkan nanti akan disesuaikan dengan penerima" tutupnya ( EMPI )

Berita Terkait