Sabtu, 06 Juni 2020 | 20:25:06 WIB

KSAD Pastikan Ruang CICU RSPAD Sangat Steril, dan Siap Rawat Pasien Non Covid-19

Minggu, 10 Mei 2020 | 19:49 WIB
KSAD Pastikan Ruang CICU RSPAD Sangat Steril, dan Siap Rawat Pasien Non Covid-19

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. (FOTO: VIVANEWS/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan bila ruang CICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto steril dari Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Andika Perkasa setelah dirinya mendapat penjelasan langsung dari pihak RSPAD melalui teleconference.

Dalam chanel Youtube TNI AD yang diunggah, Minggu, 10 Mei, tampak bila Jenderal Andika berbincang dengan pihak RSPAD.

Setelah mendapat penjelasan, Jenderal Andika memastikan bila ruang CICU RSPAD saat ini bisa digunakan untuk pasien non Covid-19.

"Ruang CICU RSPAD sudah steril dan siap digunakan untuk merawat pasien non Covid-19," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

Wakil Kepala RSPAD, Brigjen TNI dr Albertus Budi Sulistiya sebelumnya memberikan penjelasan kepada KSAD bila ruang CICU RSPAD telah beberapa kali diperiksa hingga akhirnya dinyatakan steril dari Covid-19.

“Saat ini CICU sudah kami nyatakan steril dari Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dua kali dari pasien yang dirawat di CICU, tidak ada bukti infeksi di rumah sakit,” ujar dr Budi Sulistiya.

Selain itu, menurut dr Budi Sulistiya, pasien-pasien yang sebelumnya berada di ruangan CICU saat ini telah dipindahkan ke paviliun Suhardo Kerto Husodo dan pavilun Bernis.

Begitu juga dengan kamar operasi yang digunakan untuk pasien Covid-19 sudah dipindahkan ke ruang operasi Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Saat ini CICU sudah bisa digunakan untuk merawat pasien non Covid-19,’’ kata dr Budi Sulistiya.

VIVANEWS / AD

Berita Terkait