Sabtu, 06 Juni 2020 | 21:18:33 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Maluku Utara Makin Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Kamis, 14 Mei 2020 | 23:09 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Maluku Utara Makin Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Jubir Covid-19 Maluku Utara dr. Alwia Assagaf saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19, Kamis (14/5/2020). (Foto: TIMES Indonesia/Lindo)

TERNATE, LINDO – Tren kasus terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Maluku Utarameningkat. Tercatat, dalam dua hari berturut-turut ada 27 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Data yang diumumkan Juru bicara Covid-19 Malut dr. Alwia Assagaf pada 13 April 2020, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 23 orang, dengan rincian 19 hasil pemeriksaan di BTKL-PP Manado dan 4 dari Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Chasan Bosoeirie Ternate.

Pada hari ini, Kamis (14/5/2020), dr. Alwia Assagaf yang didampingi Koordinator Bidang Kehumasan Mulyadi Tutupoho menyampaikan ada kasus baru hasil pemeriksaan TCM RSUD Chasan Bosoeirie Ternate sebanyak 4 orang positif, dari 8 spesimen yang diterima. Sementara 4 spesimen lainnya merupakan follow up yang belum bisa diumumkan hasilnya.

Dari empat kasus baru tersebut, tiga berasal kota Ternate dan satunya dari Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng). Jumlah ini sama dengan hasil pemeriksaan TCM RSUD Chasan Bosoeirie Ternate pada 13 April 2020.

"Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku Utara sampai hari ini menjadi 81 orang. Selanjutnya kami sebut sebagai kasus 79 sampai dengan 81," ucap dr Alwia.

Selain itu, ada juga kabar baik. Hasil pemeriksaan yang diterima dari BTKL-PP Manado tiga orang dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan follow up dengan hasil negatif. Maka jumlah kasus sembuh saat ini menjadi 11 orang.

Tiga pasien sembuh ini berasal dari Kota Tidore Kepulauan. Untuk pasien 20 dan 21 adalah ibu dan anak yang diisolasi di RSUD Chasan Bosoeirie Ternate, kini telah dipindahkan ke lokasi karantina Sahid Bela Ternate dan berada di zona kuning. Sementara pasien 21 adalah anak muda berusia 19 tahun.

"Mereka sudah bisa pulang. kita berharap masyarakat menerima tidak boleh menolak karena mereka sembuh sempurna," ujar dr Alwia Assagaf

Dari data yang sama, tercatat  jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 451 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 130 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 12 orang, Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 81 orang, kasus sembuh 11 orang, dan meninggal 3 orang.

dr Alwia menghimbau agar tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19dengan menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air dan sabun, keluar rumah hanya untuk keperluan penting, tetap menggunakan masker, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta berolahraga ringan di rumah.

"Maka disiplin terhadap sosial distancing dan physical distancingmerupakan kunci utama untuk menekan penularan Covid-19," pungkasnya. 

Sumber: TimesIndonesia

Berita Terkait