Sabtu, 11 Juli 2020 | 05:43:33 WIB

Ribuan Umat Muslim Kota Ternate Ikuti Shalat Idul Fitri di Masjid Kesultanan Ternate

Minggu, 24 Mei 2020 | 07:53 WIB
Ribuan Umat Muslim Kota Ternate Ikuti Shalat Idul Fitri di Masjid Kesultanan Ternate

Ribuan umat muslim sedang mengikuti shalat idul firi di masjid Kesultanan Ternate, Minggi (24/05/2020). (Foto: Aldy/Lindo)

TERNATE, LINDO - Ribuan umat muslim yang ada dikota Ternate, Maluku Utara, pada Minggu (24/05/2020) pagi mengikuti shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di masjid Kesultanan Ternate. Walaupun himbauan dari pemerintah soal pademi covid-19 yang saat ini terjadi namun pelaksanaan shalat Idul Fitri di masjid tersebut tetap mengikuti prosedur pemerintah yaitu, jaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan.

Pelaksanaan shalat id itu dimulai pada pukul 07.50 Wit yang dipimpin oleh Imam masjid Kesultanan Ternate, Imam Jiko Hi Masbuk. Sementara pelaksanaan khutbah dipimpin oleh Khatib Jiko Manyira, Usman Mustafa dari masjid Kesultanan Ternate.

Dalam khutbahnya ia menceritakan perjalanan hidup tentang Nabi Muhammad SAW serta pengikutnya soal islam dalam melaksanakan puasa ramadhan termasuk perayaan hari raya Idul Fitri yang benar-benar mendapat fitrah.

Sebelum melaksanaan shalat Idul Fitri di masjid Kesultanan Ternate, terlebih dahulu adanya proses ritual sesuai ajaran islam dan adat kesultanan Ternate, yaitu dengan para pengurus masjid melakukan penjemputan para khatib dan imam masjid Kesultanan Ternate dari kediaman rumahnya untuk dibawah ke masjid dan dilanjutkan pengawalan beberapa petugas penggawa dari kesultanan Ternate.

Pelaksanaan shalat id dimasjid tersebut selesai dilaksanakan pada pukul 08.20 Wit. Tidak tampak dari sebagaian jamaah yang melakukan silaturahmi dengan menyentuh bersalaman. Mereka hanya mengangkat kedua telapak tangannya sebagai tanda silaturahmi sekaligus menjaga bahaya penyebaran covid 19 yang ditularkan melalui sentuhan itu.

Hingga usai pelaksanaan shalat id dimasjid tersebut, setuasi terpantau aman terkendali.

ALDY M

Berita Terkait