Sabtu, 11 Juli 2020 | 12:33:20 WIB

Pomal Lantamal lll Jakarta Dan Kopaska Kawal Evakuasi 679 WNI ABK  Kapal MV Westerdam

Rabu, 3 Juni 2020 | 18:10 WIB
Pomal Lantamal lll Jakarta Dan Kopaska Kawal Evakuasi 679 WNI ABK  Kapal MV Westerdam

(FOTO : DISPENLANTAMALIII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai Anak Buah Kapal (ABK) yang bekerja di kapal  pesiar MV Westerdam, yang saat ini terdampak Pandemi virus Corona (Covid 19), dijemput oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Proses evakuasi dilakukan di tengah laut Jakarta yang berjarak 2 sampai 3 mil dari dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Seluruh ABK MV Westerdam asal Indonesia, di dermaga JICT 2 Tj. Priok berjumlah 679 orang, berhasil dievakuasi Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, melalui rangkaian protokol kesehatan, pada Selasa (2/6/20).

Pomal Lantamal III Jakarta tergabung dalam Satgas Covid 19 wilayah Jakarta Utara (Jakut), melakukan pengamanan dalam rangka menyambut Repatriasi ABK, di dermaga pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok.

Komandan Pomal Lantamal lll Jakarta Kolonel Laut (PM) Firdaus Agus Cahyadie mengatakan, proses evakuasi dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Pada kloter pertama, tim Pomal Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), melaksanakan pemeriksaan Covid-19, yaitu semua barang bawaan seperti koper-koper milik ABK WNI diperiksa dengan menggunakan alat X-ray dan disemprot dengan disinfektan.

Selanjutnya mereka diberangkatkan ke Hotel Grand Mercure Jakarta, Kemayoran, untuk melaksanakan Isolasi Mandiri selama 7 hari dengan dikawal Kendaraan Pomal Lantamal lll dan selanjutnya akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. Bila positif terkena Covid-19 akan dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (ARMAN R)

Berita Terkait