Jumat, 03 Juli 2020 | 04:11:06 WIB

Isi Jam Komandan, Kadiskum Lantamal X Jayapura Jelaskan Tentang Atasan

Kamis, 4 Juni 2020 | 08:10 WIB
Isi Jam Komandan, Kadiskum Lantamal X Jayapura Jelaskan Tentang Atasan

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Guna memberikan pemahaman hukum, tugas dan fungsi Dinas Hukum (Diskum), Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Letkol Laut (KH) Muhamad Junaidi, S.H., M.H., memberikan penjelasan kepada seluruh anggota Lantamal X, pada kegiatan Jam Komandan, di Tribun Lantamal X Jayapura, Papua, Rabu (3/6/20).

Mengawali pengarahannya, Kadiskum Lantamal X menerangkan tentang tugas dan fungsi Diskum kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal X Jayapura. 

"Diskum adalah bagian dari Satuan Kerja yang berada didalam organisasi Lantamal X yang tugasnya membantu Komandan Lantamal X dibidang hukum," terang Letkol Laut (KH) Muhamad Junaidi.

Di dalam struktur organisasi Diskum Lantamal X lanjutnya, ada tiga Subdis Diskum, yaitu pertama Subdis Kumlater, kedua Subdis Dargakkum dan yang ketiga Subdis Banhatkum. ”Diskum memberikan bantuan hukum untuk anggota Lantamal X, keluarga, isteri atau  suami dan anak anggota Lantamal X," paparnya.

Dijabarkan pula, bahwa ada tiga hal yang terkait tentang hukum, yaitu hukum itu sendiri, perbuatan hukum dan ada sanksi hukum, berlaku sejak mulai lahir mengurus akte lahir sampai kematian pengurusan pemakaman.

”Setiap kesempatan seperti ini kita bahas 1 pasal dalam pencerahan hukum biar mudah dipahami dan mudah diingat lalu dilaksanakan dalam kehidupan keseharian," ujar Kadiskum.

Lebih mendalam Letkol Laut (KH) Muhamad Junaidi, S.H., M.H., membahas materi mengenai apa itu ”Atasan”. Dijabarkan bahwa didalam kedinasan sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), ada yang namanya unsur atasan, dan banyak yang salah persepsi mengenai hal ini. 

Menurut penjelasan Kadiskum Lantamal X yang dimaksud dengan atasan, ada tingkatan sebagai acuan, yang pertama dilihat dari kepangkatan, kalau pangkat sama dilihat dari TMT kepangkatan, kemudian jabatan.

”Setelah itu, seseorang bisa disebut sebagai atasan dapat dilihat dari lamanya memangku jabatan, lamanya diangkat menjadi militer, dilihat dari umur adalah senjata terakhir," jelasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal X Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E., M.M., para Asisten Danlantamal X dan seluruh personel Mako Lantamal X. (ARMAN R)

Berita Terkait