Selasa, 20 Oktober 2020 | 12:12:37 WIB

POLRES Kepsul Amankan Satu Mahasiswa Tersangka Kasus Narkoba.

Senin, 29 Juni 2020 | 15:56 WIB
POLRES Kepsul Amankan Satu Mahasiswa Tersangka Kasus Narkoba.

Foto(imel/LINDO):Tersangka JG alias Ami beserta barang bukti ganja di amankan oleh Polres Kepulauan Sula, saat jumpa pers oleh Wakapolres Kepulau Sula, Kompol.Arifin La Ode Buri.

LINDO Sula- Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh tim Satuan Narkoba Polres Kabupaten kepulauan Sula, hari ini melakukan jumpa pers atas penangkapan tersangka kasus dugaan penyalah gunaan narkotika kelas satu jenis Ganja terhadap JG alias Ami (23) warga desa Waibau kecamatan Sanana, Senin (29/06/20)

Jumpa pers yang di sampaikan langsung oleh Wakapolres KOMPOL. Arifin La Ode Buri ,di ruangan depan Mako Polres Kabupaten kepulauan Sula di dampingi oleh Kasat Narkoba Polres Kepulauan Sula , IPDA .Ruslan Lutia dan Paur Humas Polres Kepulauan Sula BRIPKA.Suwandi Sangadji menjelaskan bahwa Polres Kepulauan Sula telah melakukan penangkapan terhadap tersangka JG alias Ami, usia 23 tahun, beragama Islam warga desa Waibau kecamatan Sanana atas dugaan kasus Penyalahgunaan Narkotika jenis ganja.

Kepada sejumlah awak media Wakapolres KOMPOL. Arifin menyampaikan bahwa yang bersangkutan diduga telah melanggar Pasal 111;1 dan atau pasal 127:1 huruf a UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika.

" kronologis nya yaitu pada hari Senin tanggal 8/06/20 kurang lebih pukul 11:30 WIT 
Anggota Satnares Narkoba Polres Kepulauan Sula yang bertugas mendapatkan informasi bahwa tersangka JG alias Ami pada hari minggu tanggal 07/06/20 tersangka JG telah menerima kiriman dari Ternate melalui KM.Kapal Permata Obi, yang diduga berisi Narkotika ",ucap Kompol. Arifin 

Selanjutnya Kompol. Arifin menjelaskan bahwa Setelah mendapatkan informasi tersebut Kasatres Narkoba Polres Kepulauan Sula IPDA.Ruslan Lutia segera mengumpulkan anggota Satres Narkoba untuk melakukan penyelidikan. Pada saat melakukan penyelidikan Anggota Satres Narkoba Polres Kepulauan Sula pada pukul 15:30 WIT mendapat informasi bahwa tersangka JG berada dirumah nya di Waibau, Kecamatan Sanana.
Setelah mendapatkan informasi tersebut para personil Satres Narkoba melakukan penangkapan tersangka JG alias Ami di rumah nya di Waibau dan melakukan pengeledahan di kamar tersangka JG alias Ami dan anggota Satres Narkoba Polres Kepulauan Sula mengamankan  barang bukti berupa 1 sacet plastik bening berisi daun ganja, 1 sacet plastik bening berisi biji ganja, 1 kertas berisi daun ganja dan 1 linting dari kertas rokok Djisamsoe berisi daun ganja yang siap di pakai dan 1 buah Handphone Oppo A3S.

" Barang bukti sudah diamankan di Polres Kabupaten kepulauan Sula guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut " ucap Wakapolres.

Kepada Awak media Wakapolres menyampaikan bahwa sejauh ini tindakan yang suda dilakukan oleh Polres Kepulauan Sula yaitu  Mengamankan tersangka dan barang bukti, membuat Laporan Polisi , memeriksa saksi dan tersangka, melakukan tes urin terhadap tersangka yang hasilnya tersangka positif THC ganja, melakukan Asesmen terhadap tersangka di BNN provinsi Maluku Utara yang hasil sampai saat ini lagi menunggu hasil, serta melakukan pemeriksaan barang bukti Lapor Polri di cabang Makassar yang hasil nya memang benar barang bukti yang ditemukan benar ganja, ungkap Wakapolres Kepulau Sula.

"Tersangka juga merupakan mahasiswa salah satu universitas di Manado, dan di senyalir sesuai informasi yang dihimpun dari Ternate tersangka JG diduga telah lama menggunakan narkoba jenis ganja sejak tahun 2018",  kata Kompol.Arifin.

Ada pun pasal yang di sangkakan kepada tersangka JG alias Ami yaitu pasal 111:1 dan pasal 127:1 huruf a UU no 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman kurungan penjara minimal 4 tahun dan maksimal 15 tahun atau denda sebesar paling sedikit  Rp.800.000.000 dan paling banyak Rp.8.000.000.000. tutup Wakapolres Kepulau Sula, Kompol.Arifin La Ode Buri.
(Imel)

Berita Terkait