Minggu, 12 Juli 2020 | 06:52:05 WIB

Mahasiswa STTAL Ikuti Kuliah Umum "Ekonomi Pertahanan Menghadapi Perang Generasi Keenam"

Senin, 29 Juni 2020 | 16:46 WIB
Mahasiswa STTAL Ikuti Kuliah Umum

(FOTO : PENSTTAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menyelenggarakan Kuliah Umum mengambil Tema "Ekonomi Pertahanan  Menghadapi Perang Generasi Keenam” yang disampaikan oleh narasumber Laksdya TNI (Purn) Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A. di Jakarta, dengan dipandu Moderator Letkol Laut (T) Dr. Okol Sri Suharyo, S.T., M.T, di Rupat Gd. P. Nipa melalui Webinar (daring online) kepada para mahasiswa STTAL, yang dilaksanakan di Auditorium P. Nipa dan Ruang Kelas Gd. Soewarso, Kampus STTAL, Jalan Bumimoro – Morokrembangan, Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/6/20).

Dalam waktu yang sama dan tempat yang berbeda, di Rupat Gd. Soewarso, Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. dalam sambutannya menyampaikan, atas nama keluarga besar Civitas Akademika STTAL Surabaya, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perkenan dan kesediaan Laksdya TNI (Purn) Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A. untuk memberikan Kuliah Umum secara On-Line kepada para dosen dan mahasiswa STTAL, ditengah-tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini.

Kuliah umum ini menjadi sangat menarik, karena Tema yang dibahas sangat aktual dan mengandung unsur kekinian, yaitu tentang "Ekonomi Pertahanan Menghadapi Perang Generasi Keenam", guna memperluas cakrawala ilmu pengetahuan sekaligus sebagai bekal kita didalam menghadapi tantangan tugas pertahanan negara kedepan yang semakin kompleks.

Sebelum acara Kuliah Umum dilaksanakan, Komandan STTAL membacakan Curriculum Vitae Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Agus Setiadji. Dalam kuliah umumnya, Laksdya TNI (Purn) Dr. Agus Setiadji S.A.P., M.A. membahas Topik Tentang Ekonomi Pertahanan, yaitu Ekonomi Pertahanan, Perlombaan Senjata, Interaksi Ekonomi, Keamanan Nasional dan Pertahanan, Spektrum Pertahanan, Belanja Militer, Kebutuhan Belanja Militer, Perkembangan Lingstra, Perkembangan Teknologi Alutsista, Ekonomi Pertahanan dan Perang Modern Paradigma Perang, Teori Perang, Tataran Perang, Generasi Perang, Pandemi Cofid-19 dan Perang Masa Depan, Sejarah Biological Weapon, Environtmental Warfare, Perang Generasi Keenam, Lines of Development, Perencanaan Pembangunan Kekuatan, Pembangunan Kekuatan ke Depan, Pemilihan Alutsista, Biaya Operations dan Support serta Kesiapan Alutsista

Hadir pada Kuliah Umum ini, Wakil Komandan (Wadan) STTAL Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., Seklem, Kapokdos, dan para Direktur STTAL. (ARMAN R)

 

Berita Terkait