Minggu, 12 Juli 2020 | 06:58:35 WIB

Komandan Seskoal Buka Latrenstra Hanneg U.O TNI AL Pasis Dikreg Dan Pasis Susjemenstra

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:12 WIB
Komandan Seskoal Buka Latrenstra Hanneg U.O TNI AL Pasis Dikreg Dan Pasis Susjemenstra

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., secara resmi membuka Latihan Perencanaan Strategis Pertahanan Negara Unit Organisasi (Latrenstra Hanneg U.O) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020. 

Pembukaan latihan ditandai dengan pemasangan secara simbolis tanda peserta latihan pada Upacara Pembukaan yang berlangsung di Ruang Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (29/6/20).

Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara kali ini dengan tema” Melalui Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020 Meningkatkan Kemampuan dan Pengetahuan Dalam Penyusunan Dokumen serta Mekanisme Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara”. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama sepekan dengan diikuti 175 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 dan 50 Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-15 TA 2020.

Komandan Seskoal dalam sambutannya menyampaikan, proses Perencanaan Pembangunan Pertahanan Negara merupakan suatu rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan dan berkesinambungan yang dilaksanakan setiap dua puluh tahun yang dijabarkan dalam periode lima tahunan, serta selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan. Proses perencanaan pembangunan TNI AL adalah merupakan bagian yang turut mempengaruhi dan memberikan warna dalam proses pembangunan nasional tersebut.

“Latihan ini merupakan latihan puncak bagi Pasis dalam menerapkan seluruh teori yang selama ini didapat, dengan tujuan melatih para Pasis agar dapat mengerti dan memahami mekanisme Sistem Perencanaan Pembangunan Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI AL, serta melatih para Pasis dalam melaksanakan penyusunan dokumen rencana Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI AL pada proses perencanaan jangka menengah lima tahunan dan tahunan,” jelas Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto.

Sasaran latihan kali ini lanjutnya, adalah Pasis memahami proses perencanaan strategis bidang pertahanan negara, mampu melaksanakan mekanisme, dinamisasi rapat-rapat dan melaksanakan proses penyusunan dokumen perencanaan strategis serta mampu bertugas sebagai staf perencana pada tingkat Mabesal, Kotama dan Satker.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., para pejabat Utama Seskoal, Kepala Departemen Manajemen (Kadepjemen) Seskoal Kolonel Laut (E) Wiedo Ananto, S.T., M.Tr.Opsla., selaku Direktur Latihan, Para Kadep Seskoal dan para Patun serta Dosen Seskoal. (ARMAN R)

Berita Terkait