Sabtu, 08 Agustus 2020 | 22:31:49 WIB

Tes Kesehatan Calon Taruna AAL Di Lantamal XII Pontianak

Jum'at, 3 Juli 2020 | 17:23 WIB
Tes Kesehatan Calon Taruna AAL Di Lantamal XII Pontianak

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Asisten Personel (Aspers) Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (KH) IGN Suarsana, S. Sos., M.A.P., didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal XII Mayor Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros., dan Kasubdis Kesum Diskes Lantamal XII Mayor Laut (K/W) Fransiska Lidia H, serta Kaur Perumahan Disminpers Lantamal XII Kapten Laut (KH) Salahudin, secara resmi mengumumkan hasil Test Kesehatan Tahap I, Calon Taruna (Catar) Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun Anggaran (TA) 2020 Panda Lantamal XII, di Halaman Pangkalan TNI AL Jeruju, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (2/7/20).

Tes masuk AAL yang dilaksanakan di Panitia Daerah (Panda) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianakm, meliputi Tes Administrasi, Tes Kesamaptaan Jasmani, Tes Kesehatan, Tes Akademik, dan tes psikologi, serta tes mental ideologi.

 

Selanjutnya, diakhiri dengan Pantukhir, yaitu Pemantauan Akhir untuk menentukan calon yang lulus Tes AAL di Panda Lantamal XII yang nantinya akan dikirim ke Panda Pusat di Lapetal Malang untuk bersaing dengan Catar AAL dari Panda-Panda dari daerah lain untuk diterima menjadi Taruna AAL. 

 

Sampai saat ini Panda Lantamal XII Pontianak sudah masuk pada tahap Test Kesehatan I Catar TA. 2020, jumlah Catar AAL yang mendaftar sebanyak 26 orang, dan hadir mengikuti Test 22 orang. 

 

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 22 Catar AAL, 9 orang berhasil Lulus dan melanjutkan Test pada tahap selanjutnya, sedangkan 13 orang calon dinyatakan tidak lulus.

Adapun Test Kesehatan pada tahap pertama ini, yaitu pemeriksaan pada bagian luar tubuh seperti tinggi dan berat badan, postur, telinga, kulit, virginitas dan payudara (khusus wanita), varikokel dan hernia (khusus pria), ambeien, amandel, tangan, dan jemari, mata, gigi, THT, alat reproduksi, anus, bentuk kaki X atau O, varises hingga telapak kaki.

Selanjutnya, terhadap 9 orang yang dinyatakan lulus pada Test Kesehatan tahap pertama ini akan melanjutkan pada Test tahap kedua, yaitu Pemeriksaan organ bagian dalam tubuh yang meliputi : urine, darah, dan Rontgen.

 

Pemeriksaan urine untuk mendeteksi penyakit ginjal dan kencing manis.Pemeriksaan darah dapat diketahui normal tidaknya asam urat kolesterol gula darah HB lemak darah Tri gliserol dan lain-lain.

 

Pemeriksaan rontgen akan diketahui ada tidaknya kelainan atau penyakit paru-paru jantung dan organ sekitarnya.  Selain itu calon juga menjalani pemeriksaan dengan EKG atau elektrokardiogram atau rekam jantung untuk melihat kondisi jantung dalam keadaan baik atau tidak baik pemeriksaan dengan USG atau ultrasonografi untuk mengetahui benda asing seperti batu ginjal spirometri untuk mengatur kekuatan pernafasan audiometri untuk mengatur kepekaan pendengaran dan lainnya.
 
“Kepada Catar yang saat ini belum lulus dalam test kesehatan tahap pertama, jangan berkecil hati, tahun depan jika umur masih memenuhi syarat bisa dicoba lagi atau bisa mencoba pada bulan September 2020 dengan program pendaftaran Bintara TNI AL Gelombang I, asalkan dapat memperbaiki serta mengevaluasi kekurangan-kekurangan saat ini, dan kepada calon yang lulus, jangan dulu berbesar hati tetap jaga kesehatan karena masih ada beberapa tahap yang akan dilalui. Test yang dilaksanakan di sini baru merupakan hasil Panda Lantamal XII, kalau kalian bisa Lulus tingkat Panda akan melanjutkan pada tingkat pusat di Lapetal Malang,” jelas Kolonel Laut (KH) IGN Suarsana saat mengumumkan hasil tes kesehatan di Pangkalan TNI AL Jeruju Pukul 17.00. (ARMAN R)

Berita Terkait