Minggu, 20 September 2020 | 05:05:33 WIB

Disela Reses, Fauzun Nihayah Mensupport Kelompok Penerima Program Pekarangan Pangan Lestari 

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 08:37 WIB
Disela Reses, Fauzun Nihayah Mensupport Kelompok Penerima Program Pekarangan Pangan Lestari 

(Foto: Gilang/Lindo)

MERAUKE, LINDO - Anggota DPRD Papua, Fauzun Nihayah memanfaatkan waktu resesnya dengan konsisten menyambangi masyarakat di daerah pemilihannya (Dapil), Kamis (6/8/2020) siang. Fauzun juga dipercaya menjabat sebagai Direktur eksekutif rumah aspirasi H Sulaiman L Hamzah ini memanfaatkan waktu untuk reses menyempatkan diri untuk mensuport kelompok penerima program pekarangan pangan lestari (P2L) aspirasi dari H Sulaeman L Hamzah, Anggota DPR RI Fraksi NasDem yang berada di kampung Yasa mulya dan Sumber Harapan Distrik Tanah Miring, Jumat (7/8/2020).

‘’Perlu kita ketahui bahwa Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan. Program tersebut dari Kementerian Pertanian dan Sulaeman sebagian besar jatah aspirasinya bawa ke Kabupaten Merauke, kita berikan ke 9 kelompok dan 5 kelompok kita berikan ke ibu rumah tangga binaan kita di lokasi dan 4 kelompok kita berikan binaan kita mama-mama asli Papua yang ada di wilayah kota dan setiap kelompok mendapatkan bantuan dana 75 juta untuk dipakai membeli bibit, membuat pekarangan dan lain-lainnya. Yang jelas dari pihak dinas ketahanan pangan juga mendampingi dan mengarahkan dalam optimalisasi program tersebut,’’ ujar Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi H Sulaeman L Hamzah.

Fauzun menambahkan bahwa program tersebut diharapkan mampu mensupport ibu rumah tangga dalam mencukupi kebutuhan pangan yang ada dikeluarga dan jika lebih kelompok bisa memasarkannya. Beliau menekankan yang penting dalam kelompok harus ada transparansi dalam pengelolaan program pekarangan pangan lestari tersebut.

"Saya berharap agar program ini mampu mensupport ibu-ibu dan terlebih dalam rumah tangga dalam mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari, bahkan bila perlu nantinya dapat di pasarkan secara umum, dan yang berikut saya meminta agar adanya transparansi pengelolaan program P2L," pungkasnya.

Sementara itu Tarmi, salah satu kelompok penerima program pekarangan pangan lestari (P2L) kampung Yasa Mulya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bapak H Sulaeman yang sudah memperjuangkan program untuk memberdayakan kelompok ibu rumah tangga.

“Kami sangat menyambut positif atas kunjungan ibu Fauzun ke kelompok kami, kami merasa diperhatikan dan ternyata kita masih sama-sama terus meski sudah duduk menjadi anggota dewan. Arahan-arahan yang ibu sampaikan akan kami jadikan pegangan dalam mengembangkan program yang Sulaeman berikan ke kami," ungkap Tarmi dengan penuh semangat.

Tidak jauh beda, dengan apa yang disampaikan ketua kelompok pekarangan pangan lestari di kampung Sumber Harapan, Eti Badriah mengucapkan terima kasih banyak atas kepedulian Anggota dewan dari NasDem yang sudah peduli kepada kelompok ibu rumah tangga.

‘’Bagi kita ini kepedulian yang luar biasa dari bapak Sulaeman yang selalu bawa program ke masyarakat. Kami sebagai binaan kelompok arisan juga berharap masih terus didampingi dan kita akan tetap komitmen untuk mengelola program yang ada dengan baik," ungkap Eti panggilan akrabnya.

Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut juga kelompok binaan tersebut menyampaikan beberapa aspirasi diantaranya terkait masalah beras yang susah di pasarkan, kurangnya alat mesin pertanian untuk olah lahan sawah, arisan binaan NasDem yang harus tetap jalan serta menginspirasi pada warga lainnya.

GILANG HARRY

Berita Terkait