Minggu, 20 September 2020 | 04:35:36 WIB

Koperasi Simpan Pinjam Hartanah Makmur Sejahtera Gelar RAT Untuk Pertama Kalinya

Senin, 10 Agustus 2020 | 18:42 WIB
Koperasi Simpan Pinjam Hartanah Makmur Sejahtera Gelar RAT Untuk Pertama Kalinya

(FOTO : HARTANAHGROUP/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hartanah Makmur Sejahtera telah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang pertama kalinya, yang mana RAT merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban pengurus koperasi kepada seluruh anggota koperasi yang diselenggarakan pada 30 Juli 2020 secara online melalui aplikasi Zoom.

RAT ini sendiri telah dihadiri oleh sebanyak 63 anggota dari jumlah total 111 anggota, atau sebesar 56,7%. Selain dihadiri oleh para pengurus, pengawas serta anggota KSP Hartanah Makmur Sejahtera (HMS), RAT ini juga dihadiri perwakilan dari Kepala Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar).

Ketua KSP Hartanah Makmur Sejahtera, Sujanto Lembang mengatakan, RAT adalah agenda wajib yang harus dilakukan oleh setiap koperasi untuk setiap tahunnya, sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kinerja koperasi pada suatu periode tertentu. 

“RAT ini merupakan laporan tahunan pengurus KSP Hartanah Makmur Sejahtera (HMS) Tahun Buku 2019, yang mencakup laporan kebijaksanaan pengelolaan KSP HMS, meliputi bidang organisasi, managemen, administrasi dan keuangan,” terang Sujanto Lembang.  

Menurutnya, laporan ini disajikan sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus KSP HMS kepada para anggota, tentang kebijaksanaan yang telah diambil dan langkah-langkah pelaksanaan dalam mempertahankan, mengelola dan mengembangkan KSP HMS, dimana KSP HMS ini juga sudah melakukan audit oleh auditor independent terhadap laporan keuangan tahun pembukuan 2019.

Beberapa keputusan koperasi yang diambil dalam Rapat Anggota Tahunan kali ini, antara lain:
1) Menerima dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas KSP Hartanah Makmur Sejahtera untuk periode tahun 2019.

2) Menerima dan mengesahkan Laporan Perhitungan Laba Rugi Hasil Usaha tahun buku 2019.

3) Menerima dan Mengesahkan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi. (RAPBK) periode tahun 2020.

4) memilih dan mengesahkan Ketua dan Anggota Pengawas KSP Hartanah Makmur Sejahtera periode tahun 2020-2023.

Staff Tehnis Ahli Koperasi dan UKM Toga Simatupang dalam acara tersebut menambahkan, menindaklanjuti banyaknya berita yang beredar di media mengenai Koperasi Simpan Pinjam akhir-akhir ini, diharapkan agar anggota koperasi tidak langsung percaya dengan berita yang beredar dan diharapkan mengecek setiap kebenarannya langsung ke Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM terlebih dahulu. (ARMAN R)

Berita Terkait