Minggu, 20 September 2020 | 05:45:45 WIB

Prajurit Petarung Yonmarhanlan VIII Bitung Tanam Sawi Dan Cabai Untuk Ketahanan Pangan

Minggu, 9 Agustus 2020 | 08:52 WIB
Prajurit Petarung Yonmarhanlan VIII Bitung Tanam Sawi Dan Cabai Untuk Ketahanan Pangan

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pemanfaatan lahan atau pekarangan yang kosong dengan menanam sayur-mayur maupun tanaman konsumsi lainnya, merupakan salah satu bentuk mewujudkan ketahanan pangan. 

Selain itu, memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam tanaman pangan yg lebih menghasilkan juga akan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Demikian halnya dengan prajurit petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung, mempersiapkan lahan bekas tanaman jagung dengan membersihkan dan mengelolanya untuk Rehabilitasi  tanaman - tanaman yang baru demi ketahanan pangan, di halaman belakang markas Yonmarharlan VIII Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (8/8/20).

“Kami memanfaatkan lahan bekas tanaman jagung untuk berkebun sawi dan cabai," kata Dankima Yonmarhanlan VIII Bitung Lettu Mar Sulistiyo. 

Menurutnya, lahan bekas jagung ini tidak akan mendatangkan manfaat, apabila tidak dikelola dengan maksimal. “Sayang sekali lahan itu jika tidak dimanfaatkan, namun dengan ditanami sayur mayur seperti sawi dan cabai, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari,bagi keluarga petarung VIII Bitung," ujarnya

Ia berharap, upaya memanfaatkan lahan bekas tersebut, dapat meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan petarung VIII Bitung.

Lettu Mar Sulistiyo menjelaskan, pemanfaatan lahan atau pekarangan yang kosong dengan menanam sayur-mayur maupun tanaman konsumsi lainnya, merupakan salah satu bentuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu, memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam tanaman pangan juga akan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. (ARMAN R)

Berita Terkait