Sabtu, 19 September 2020 | 12:29:15 WIB

Seskoal Adakan DAK Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan Ke - 15 TA 2020 Tentang Pertahanan Negara

Senin, 10 Agustus 2020 | 21:22 WIB
Seskoal Adakan DAK Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan Ke - 15 TA 2020 Tentang Pertahanan Negara

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) mengadakan kegiatan DAK (Diskusi Antar Kelompok) tentang Pertahanan Negara yang diikuti oleh 50 Perwira Siswa Susjemenstra Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan ke-15 TA 2020, di Kelas B Gedung R.E. Martadinata, Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (10/8/20). 

Pada kegiatan DAK tersebut, Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., meninjau langsung dan memberikan pengarahan serta masukan kepada para Pasis.

Para Pasis yang terbagi dalam 5 (lima) kelompok tersebut, memiliki tugas membuat kertas karya kelompok dengan tema “Pengelolaan Sumber Daya Nasional Guna Mendukung Strategi Pertahanan Negara Dilaut Dalam Rangka Mewujudkan Sistem Pertahanan Semesta”. 

Dalam Kelompok Pasis tersebut, membahas tentang dua studi Kasus yaitu Kelompok I, II dan V tentang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung guna mendukung strategi Pertahanan Negara di laut dalam Sistem Pertahanan Semesta. 

Kelompok II dan IV membahas masalah Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Buatan sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung guna mendukung strategi Pertahanan Negara di laut dalam Sistem Pertahanan Semesta. Para Pasis dari setiap kelompok memaparkan hasil karya kelompoknya di hadapan para dosen penilai dan juga rekan sesama Pasis.

Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono sebagai penyelenggara kegiatan Diskusi ini, memandang penting kegiatan diskusi tersebut untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan Perwira Siswa memberikan solusi terhadap suatu studi kasus yang telah terjadi di masa lampau dan mampu mengambil manfaat dari studi kasus tersebut guna menghadapi tantangan tugas ke depan.

Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Seskoal tetap berjalan dengan Aturan "New Normal" dan melaksanakan Protokol Kesehatan yang dianjurkan Pemerintah  dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Para Pasis tetap bersemangat mengikuti rangkaian belajar mengajar di Seskoal. (ARMAN R)

Berita Terkait