Senin, 21 September 2020 | 13:58:22 WIB

APPGINDO DPD Banten Adakan Simulasi Pernikahan/Wedding Masa New Normal Covid-19

Jum'at, 21 Agustus 2020 | 10:54 WIB
APPGINDO DPD Banten Adakan Simulasi Pernikahan/Wedding Masa New Normal Covid-19

(FOTO : APPGINDO/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Industri Wedding saat ini sedang mengalami penurunan  dikarenakan efek dari pandemi Virus Corona (Covid-19). Sudah hampir enam bulan industri ini seolah mati suri. Karena acara pernikahan dikhawatirkan akan menjadi cluster baru jika tetap diadakan. Namun demikian, semua pengusaha yang bergerak di bidang pernikahan mengalami imbas yang berujung kepada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan merumahkan pegawai karena tidak sanggup membayar gaji.

"Ini membuat kami sangat terpukul sebagai pelaku bisnis di dunia pernikahan. Kami juga melihat antusias masyarakat untuk segera mendapatkan kepastian tata cara pernikahan di masa normal yang baru (New Normal ) ini. 

Untuk itu kami sebagai asosisasi yang mewadahi para pelaku usaha pernikahan membuat simulasi  pernikahan yang sesuai dengan peraturan pemerintah baik itu ditingkat Kabupaten maupun Kota," kata Irwan Halim selaku Plt. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APPGINDO (Asosiasi Pengusaha Pernikahan dan Gaun Indonesia) Propinsi Banten, Kamis (20/8/20).

Sehingga lanjut Irwan, pihaknya dapat menjembatani dan mengedukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan pernikahan Normal yang baru dimasa pandemic Covid-19. Adapun dengan adanya Peraturan Bupati (Perbup) No. 40 Tahun 2020 pasal 26, dan Peraturan Walikota (Perwal) Perubahan ke Empat pasal 17 memberikan angin segar bagi industri pernikahan.

Untuk itu kata Irwan, APPGINDO berusaha mensinergikan peraturan pemerintah dan Protokol kesehatan yang dibuat oleh APPGINDO Pusat sebagai acuan APPGINDO Propinsi Banten mengadakan simulasi Pernikahan di Kota Tangerang. Agar pelaku bisnis pernikahan umumnya, dan member/anggota APPGINDO khususnya, serta masyarakat dapat mengerti dan memahami protokol kesehatan yang harus dilakukan dimasa pandemi ini.

Adapun simulasi pernikahan new normal diadakan di tiga tempat sebagai perwakilan masing - masing wilayah. Untuk wilayah Kabupaten Tangerang diadakan di Damai Indah Golf pada 21 Juli 2020 yang didukung oleh tim organizer dari Red Hat organizer, tim dekor dari Fifi Fiogi, tim Bridal Internasional dari Frenselin Bridal, Thusix Bridal dan Yona Okto Makeup Artist, MC-Entertainment dari Kolibree, kue dari Royalty Cake, tim foto video dari Motio Pictures dan Art House, soundsystem dan lighting dari Upro sound and lighting, Luvi QR code machine, dan mobil pengantin dari Velvet garage.

Untuk wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), diadakan di Hotel Lemo pada 30 Juli 2020. Kegiatan ini didukung oleh tim dekorasi dari  Marvella Dekoration, Mc - entertainment dari Degay Entertainment, foto dan video dari Art House, make up dari Venteen Make up Artis, gaun pengantin dari My Bride by Rudy Li, kue pengantin dari  Royalti Cake, mobil pengantin dari Witte Car, dan wo dari D’Secret organizer.

Sedangkan untuk wilayah Tangerang Kota, diadakan pada 10 Agustus 2020 di Hotel Novotel. Serta di dukung oleh Bridal Internasional dari Mutiara House of Bride, bridal nasional dari Sanggar Diva, dibantu organizer dari D’specialist, tim dekor dari Evlin decoration, kue pengantin dari Royalty Cake, foto dan video dari Studio 9, Soundsystem dari Uprosound and lighting, Mc - Entertainment dari Alegria Entertaiment, Lighting dari Delight Jakarta, Wedding Cardari Witte Cars, serta para model pendukung.

APPGINDO DPD Banten adalah asosiasi yang menaungi pengusaha yang bergerak dibidang kebutuhan pernikahan wilayah Propinsi Banten. Usaha tersebut dimulai dari Venue/ Hotel/Wedding hall/Restoran, Bridal Nasional atau Sanggar rias tradisional,  dan Bridal Internasional, Groom Taylor, MUA, WO, Wedding Cake, Wedding Car, Wedding Ring, Wedding Shoes, Sewa AC/Genset/tenda, Lighting, Soundsystem, Souvenir, Studio foto, Undangan, Foto & Video, Entertaiment, Dekorasi, Catering, Mobil Pengantin dan semua bidang yang dibutuhkan untuk acara pernikahan. 

Industri pernikahan adalah bisnis yang mulai banyak dilirik oleh banyak orang dan didukung dengan masyarakat Indonesia yang selalu menjaga hubungan kekeluargaan membuat industri wedding di Indonesia berkembang sangat pesat dan mampu membuka lapangan pekerjaan baru yang mumpuni.  (ARMAN R)

Berita Terkait