Rabu, 20 Januari 2021 | 23:18:33 WIB

Warga Sawon Bangun Drainase Dan Tanggul Secara Mandiri Untuk Antisipasi Longsor.

Senin, 31 Agustus 2020 | 17:36 WIB
Warga Sawon Bangun Drainase Dan Tanggul Secara Mandiri Untuk Antisipasi Longsor.

Warga desa Sawin saat bergotong royong bangun drainase dan talud (LINDO-Fj)

LINDO TIDORE- Mengantisipasi banjir dan tanah longsor yang berpotensi merusak badan jalan, Masyarakat di lingkungan Sawom, Kelurahan Kalaodi, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melakukan gotong royong membuat drainase dan talud secara mandiri.


Murdika Karim masyarakat Sowom Senin (31/08/20) Kepada media ini menjelaskan, upaya yang dilakukan masyarakat merupakan langkah antisipasi dan pencegahan terjadinya longsong maupun banjir yang dapat terjadi dan berpotensi merusak jalan yang baru di hotmix.
Menurutnya, menjaga agar jalan aspal (hotmix) yang baru dikerjakan 1 bulan lalu tidak cepat rusak, maka masyarakat Sawom berinisiatif untuk membangun drainase dan talud ini.
"Pembuatan drainase dan talud ini bukan proyek Pemerintah Daerah, ini merupakan swadaya masyarakat berupa uang tunai serta bahan berupa semen, batu dan pasir, swadaya ini khusus masyarakat yang berdomisili di Sawom dan masyarakat asli Sawom yang berdomisili diluar, untuk semen dibebankan 1 kepala keluarga 1 sak, tapi kalau ada yang kasih lebih juga tidak apa- apa," jelas Murdika.


Pembuatan drainase dan talud ini akan dilakukan pada empat titik dengan volume kurang lebih 200 meter, untuk saat ini dari hasil Swadaya sudah terkumpul semen sebanyak 40 sak, serta untuk masyarakat diluar apabila ada yang berkenaan menyumbangkan matrial semen dan batu bisa langsung datang di dusun Sawom, imbuhnya.


Selain masyarakat Sawom yang bergotong royong, terlihat juga ada partisipasi dari anggota TNI dalam pembuatan drainase dan talud ini. (FJ)

Berita Terkait