Rabu, 23 September 2020 | 02:54:51 WIB

Dihadapan Wakil Rakyat Warga Minta Kades Malik Gama Segera Mundur dari Jabatannya

Kamis, 3 September 2020 | 16:56 WIB
Dihadapan Wakil Rakyat Warga Minta Kades Malik Gama Segera Mundur dari Jabatannya

(Foto: Aldy/Lindo)

HALSEL, LINDO - Dihadapan wakil rakyat, warga Lata-lata bersama Aliansi Masyarakat Desa Lata-lata meminta agar kepala desa Lata-lata Abdul Malik Gama jangan lagi memimpin desa mereka karena sang kadesnya sudah tidak layak lagi sebagai sosok seorang pemimpin di desa itu.

Demikian hal itu ditegaskan Ketua Aliansi Masyarakat Desa Lata-lata Hasan Maici disela-sela hearing bersama warga, komisi I DPRD, kadis DPMD, kepala inspektorat, kepala desa, dan ketua/anggota BPD desa Lata-lata, diruang rapat komisi I DPRD Kabupaten Halsel, di Labuha, Kamis (03/09/2020) siang.

Lebih lanjut Hasan mengatakan bahwa, yang diinginkan warga saat ini, adalah kades Abdul Malik Gama harus segera mundur dari jabatannya. Karena kepercayaan warga saat ini sudah sangat membosankan dengan ulah sang kadesnya.

"Saya hanya malanjutkan aspirasi masyarakat saja, sebenarnya kades Lata-lata Abdul Malik Gama ini, sudah tidak layak lagi menjadi seorang pemimpin di desa kami. Mereka semua di Lata-lata menginginkan agar kades Malik Gama segera mundur dari jabatan sebagai kepala desa," kata Hasan Maici.

Forum antara warga, pemerintah dan DPRD sempat memanas disaat hujan instrupsi dari masing-masing warga yang aspirasinya juga harus didengar oleh komisi I DPRD. Sempat terjadi adu mulut dan terjadi gebrakan meja antara kadis DPMD dengan Ketua Aliansi Masyarakat Desa Lata saat hak pembicaranya dibatasi oleh kadis DPMD.

"Jangan bapak bentak-bentak saya lalu memukul meja, saya juga bisa pukul meja pak, ini forum kami pak. jangan anda memukul meja sembarangan," tegas Hasan.

Suasana debat pun menjadi cair ketika ketua komisi I DPRD Akmal Ibrahim mampu mengendalikan suasana rapat dan acara hering dilanjutkan kembali.

Dalam kesimpulan rapat tadi, disepakati bahwa dewan bersama inspektorat akan turun di desa Lata-lata untuk melakukan kroscek di lapangan soal pengaduan masyarakat tentang kurang transparansi anggaran dan pembangunan dalam desa yang menggunakan dana desa dan alokasi dana desa.

"Intisari dari usulan warga ini adalah kami sudah paham, intinya kalian harus siap saat tim inspektorat mampu mengkroscek hasil tuduhan dilapngan nanti. Jadi tunggu saja dalam minggu ini kami bersama inspektorat akan melakukan cek dilapangan," ujar ketua pimpinan rapat dari komisi I dPRD Halsel itu.

REMON

Berita Terkait