Minggu, 25 Oktober 2020 | 23:14:33 WIB

Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto Buka Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” Pasis Seskoal Angkatan Ke-58

Rabu, 23 September 2020 | 11:07 WIB
Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto Buka Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” Pasis Seskoal Angkatan Ke-58

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menggelar kegiatan Pra Program Kegiatan Bersama (PKB) Operasi Gabungan (Opsgab) TNI “Wira Siaga XL” secara virtual. Pembukaan kegiatan tersebut dipimpin langsung Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., dari Ruang Kerja Danseskoal Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (21/9/20). 

Dengan mempertimbangkan protokol kesehatan terkait situasi dan kondisi terakhir pandemi Covid-19 di DKI Jakarta, maka kegiatan dilaksanakan dibeberapa tempat yang terpisah, antara lain Direktur Latihan (Dirlat) Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh S., S.T., M.Si didampingi Kepala Departemen Operasi (Kadepops) Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra mengikuti dari Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020 di ruangan mess masing-masing Pasis, para Wasdal berada di ruang kendali Pusoyu Seskoal, para Tim Penilai berada di ruang penilai dan Tim Evalat serta tim Hatlat berada di ruang masing-masing.

Acara diawali dengan pembukaan, laporan Dirdik Seskoal sebagai Dirlat PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL”, dilanjutkan pernyataan resmi, amanat Danseskoal dan diakhiri dengan penutup.

Dirlat Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh S., S.T., M.Si dalam laporannya menyampaikan, dasar pelaksanaan latihan adalah Surat Perintah Komandan Seskoal No Sprin/612/III/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang Penunjukan kelompok perancang Latihan Posko I PKB Opsgab “Wira Siaga XL” TA 2020. 

"Adapun tujuan latihan ini, antara lain meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Pasis pada tahap perencanaan operasi gabungan terpadu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan," terang Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto.

Selain itu lanjutnya, latihan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Pasis dalam menerapkan kepemimpinan militer pada perencanaan operasi gabungan terpadu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. Membangun semangat integrasi Pasis melalui penyamaan visi, perepsi dan interprestasi untuk mewujudkan interoperabilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan operasi gabungan terpadu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Tema latihan ini adalah Kogasgabpad melaksanakan operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah Palu dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Pelaksanaan latihan ini dimulai pada 21 - 23 September 2020 yang diikuti personel latihan sebanyak 262 orang, terdiri dari 175 orang Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020, 40 orang Pejabat dan Dosen Seskoal serta 47 orang Pendukung.

Menurut Komandan Seskoal, Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” TA. 2020 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 merupakan salah satu bentuk latihan yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan PKB Opsgab “Wira siaga XL” Sesko TNI dan Sesko Angkatan yang sesungguhnya akan dilaksanakan menjelang akhir pendidikan.

Ia menjelaskan, pada penyelenggaraan Latihan Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” ini akan dilaksanakan dengan metode geladi posko yang merupakan simulasi pengerahan kekuatan dan kemampuan TNI pada pelaksanaan OMSP dalam hal penanggulangan dampak bencana alam yang dilakukan oleh Kogasgabpad TNI yang melibatkan satuan-satuan TNI secara gabungan dan terpadu dengan kementerian/ lembaga serta instansi terkait lainnya. 

"Oleh karena itu, guna memperoleh kemampuan tersebut perlu diupayakan penyamaan visi, persepsi dan interpretasi yang didukung oleh pemikiran secara integral dan komprehensif dari para Pasis yang terlibat latihan ini," ujar Komandan Seskoal.

Komandan Seskoa jugal memberikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” TA. 2020 pada para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 sebagai berikut :  Pertama, Pertahankan semangat, dedikasi dan loyalitas yang tinggi serta jaga kondisi fisik maupun kesehatan secara lebih ketat agar para Pasis dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan latihan dengan baik. 

Kedua, manfaatkan Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” TA. 2020 ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta banyak berdiskusi sesuai ilmu maupun pengalaman penugasan yang dimiliki. 

Ketiga, laksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan jadikan Pra PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” TA. 2020 ini sebagai bekal Pasis untuk mempersiapkan diri pada PKB Opsgab TNI “Wira Siaga XL” Sesko TNI dan Sesko Angkatan. Dan keempat, kembangkan ide-ide yang inovatif dan kreatif dalam setiap kesempatan penugasan dalam latihan. (ARMAN R)

Berita Terkait